Assalamualaikum wr.  Wb.
Terima kasih mau membacakan dan membahas pertanyaan saya di Program Belbiz On Radio ini. O iya bapak, Apa yang harus saya lakukan ketika pesaing menjual harga dibawah harga yang sudah saya tetapk, apakah saya harus ikut juga dengan menurunkan harga? Demikian Bapak dan atas jawaban yang diberikan, saya ucapkan terima kasih. 


Wassalamualaikum wr. wb
Kiki
Bandung



Waalaikum salam
Terima kasih atas keikutsertaan dalam Program Belbiz on Radio ini dan semoga selalu memberikan informasi dan inspirasi bagi entrepreneur dalam menumbuhkembangkan bisnis karena kami selalu fokus untuk membuat para entrepreneur sukses berbasis pengetahuan dan keterampilan yang berhubungan dengan bisnis dan manajemen.

Bicara tentang strategi penetapan harga, apakah perlu mengikuti penurunan harga ketika pesaing menurunkan harga itu adalah sesuatu yang dihadapi oleh para entrepreneur dalam berbisnis. Pasti ini akan menjadi hal-hal yang selalu dihadapi oleh para entrepreneur. pesaing yang menurunkan harga pasti memiliki latar belakang bagaimana mereka melihat biaya yang mereka butuhkan untuk menghasilkan produk dan management cost, lalu melihat target pasar dan juga profit yang akan dia dapatkan selain tujuan jangka panjang yang hendak dicapai oleh para entrepreneur.

Hal-hal ini harus diperhatikan juga oleh para entrepreneur dimana lihat cost yang diperlukan untuk memproduksi produk yaitu fixed cost dan variabel cost. Ini menjadi penting karena berhubungan dengan berapa profit atau laba yang hendak dicapai serta tujuan jangka panjang yaitu bagaimana mereka membuat konsumen itu puas dan loyal sehingga dapat melakukan pembelian ulang, pembelian produk yang lain, memberikan rekomendasi kepada orang lain sampai dengan menolak penawaran pesaing sehingga tetap akan fokus kepada entrepreneur.

Jelas ini dasar yang bisa dikendalikan oleh para entrepreneur sebelu memutuskan untuk mengikuti strategi pesaing. Selain itu, lihat target market kita, apakah mereka sensitive dengan harga atau tidak. Bagi yang memiliki konsumen dengan target market menengah atas, mereka tidak akan sulit dengan tidak menurunkan harga, beda dengan menengah bawah. Demikian juga dengan bagaimana entrepreneur membaca tujuan daripada pesaing menurunkan harga.


Oleh karena itu, bagi saya, belum tentu kita harus menurunkan harga juga karena bisa memberikan value lain atau benefit lain kepada konsumen. tinggal bagaimana mengkomunikasikan kepada mereka. Inilah yang harus dilakukan oleh setiap entrepreneur dalam menghadapi strategi pesaing. Sukses terus ya Ki
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: