BUSINESS TODAY
Bisnis yang saat ini dikembangkan oleh para entrepreneur, mulai dilirik oleh para akademisi untuk dikembangkan dan salah satu konsep yang dikembangkan oleh para akademisi dan seringkali di seminarkan adalah konsep Pentha Helix. Lihat saja bagaimana kampus-kampus mempertajam konsep ini agar dapat diimplementasikan dengan optimal oleh para stakeholders yang relevan dengan pengembangan entrepreneurship di negara ini.

Pentha helix yang seringikali diseminarkan dan didiskusikan dengan mendatangkan berbagai praktisi dan pembicara dalam forum seminar itu fokus pada bagaimana pengembangan entrepreneurship oleh akademisi, Bisnis, Community, Government, Media atau seringkali disingkat menjadi ABCGM dan ini diharapkan dapat dimanfaatkan oleh setiap stakeholders dalam membangun entrepreneurship yang seringkali dianggap kurang optimal di negara ini.


Sebagai seorang entrepreneur, tentu hal ini harus diambil sebuah pelajaran yang berharga dan harus dimanfaatkan untuk pengembangan bisnis untuk mencapai tujuan bisnis yaitu profit, people, planet, sustainability serta tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar. Sudah waktunya entrepreneur untuk memanfaatkan konsep yang dihasilkan oleh para akademisi dengan seminar dan diskusi tersebut.

Para akademisi adalah sumber pengetahuan bagi setiap entrepreneur yaitu konsep dan teori-teori terbaru dan relevan dengan bisnis yang mereka kembangkan. Jelas untuk mencapai sustainable competitive advantage, entrepreneur membutuhkan teori. Pelaku usaha yang nota bene adalah perusahaan juga perlu dimanfaatkan oleh entrepreneur dalam konteks bisa menjadi pasar, supplier dan bahkan sumber untuk mendapatkan program CSR ataupun PKBL berupa pelatihan dan bahkan pendanaan untuk mengembangkan bisnis setiap entrepreneur.

Adapun komunitas atau Community merupakan sekumpulan orang-orang yang memiliki kepentingan yang sama dan dalam hal ini, entrepreneur mencari komunitas yang sama dengan mereka dan relevan dengan bisnis yang dikembangkan. Jangan asal ikut komunitas dan akfitlah di komunitas tersebut. Banyak komunitas yang mulai berkembang dan bisa mendapatkan keuangan, pemasaran, informasi dan bahkan bahan baku yang dibutuhkan oleh setiap entrepreneur.


Pemerintah juga harus dioptimasi oleh setiap entrepreneur dalam pengembangan bisnisnya karena berhubungan dengan kebijakan yang dibuat oleh pemerintah. Yang tidak kalah penting adalah media yang harus dioptimasi oleh setiap entrepreneur untuk kepentingan membrandingkan diri, produk dan bisnis setiap entrepreneur. ada saling membutuhkan dalam konteks entrepreneur dan juga media sehingga sama-sama menguntungkan. Inilah yang harus dimanfaatkan oleh setiap entrepreneur dalam konsep pentha helix. Jangan hanya ikut seminar, tetapi optimasi untuk kepentingan diri, produk dan bisnis. bagaimana dengan anda? hmm
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: