Assalamualaikum wr. Wb.
Terima kasih atas sharing yang Bapak berikan kepada kami dalam program Belbiz ini dan pastinya bermanfaat bagi bisnis kami. O iya pak mer, bagaimana solusi yang tepat unjtuk mengatasi harga bagi konsumen yang permanen atau konsumen yang sudah loyal kepada perusahaan ketika mengalami situasi kenaikan harga bahan baku. Kan pilihannya ada dua, apakah menaikkan harga atau mengurangi kualitas serta spesifikasi produk yang ditawarkan untuk tetap bisa bertahan dalam bisnis. Demikian dulu Pak Mer, dan terima kasih atas jawabannya.  

Andika, Metro
Bandung


Waalaikumsalam wr. Wb.

Terima kasih Andika yang selalu mengikuti program belajar bisnis ini dan kami berharap dapat memberikan manfaat dalam menumbuhkembangkan bisnis.

Kondisi yang dihadapi oleh Andika pasti juga dihadapi oleh entrepreneur muda serta sahabat K-Lite lainnya karena itulah fakta yang tidak bisa dielakkan dimana lingkungan bisnis yang selalu berubah, tidak pasti, tidak bisa dikontrol dan mengalami turbulensi. Hal ini menjadi sebuah hal yang harus dipahami dengan baik agar bisa membuat keputusan, apalagi keputusan yang berhubungan dengan harga produk yang diberikan kepada konsumen.

Pilihan untuk menaikkan harga atau mengurangi spesifikasi produk khususnya kualitas produk dikarenakan kenaikan bahan baku harus dianalisis dengan baik terlebih dahulu. Pertama, apakah kenaikan bahan baku tersebut bersifat seasonal atau akan terus menerus? Hal ini penting karena kalau seasonal, artinya tidak akan lama, sementara panjang dan lama, jelas akan terus menerus. Kedua, apakah supplier lain juga menerapkan hal yang sama? Kalau tidak, bisa dicari ke supplier yang lain dulu.

Ketiga, kembali analisis proses bisnis. yang masih “bocor” dan boros yang mana. Perbaiki dan optimasi yang masih bisa diperbaiki. Keempat, lihat pesaing apakah mereka menaikkan harga juga? Kelimat, lihat konsumen, siapa targer market kita, apakah sensitive harga atau tidak.

Semua hal ini harus dianalisis terlebih dahulu sebelum membuat keputusan harga. Tapi, kalau saya, melihat konsumen sudah loyal, saya sarankan memilih untuk menaikkan harga, hanya saja, harus diikuti komunikasi yang jelas kepada konsumen serta terus meningkatkan kualitas produk dan kualitas layanan kepada mereka selain memberikan gimmick tambahan dengan biaya yang tidak terlalu mahal kepada konsumen.  

Tanya Jawab di Program Beliz on Radio K-Lite 107,1 FM bersama STRABIZ Management Bandung pada hari Jumat, 29 Juli 2016. Tanya jawab lainnya dapat dilihat di www.belbizonradio.com dan www.strategidanbisnis.com


Share To:

meriza hendri

Post A Comment: