Belbiz

Assalamualaikum wr. Wb.
Terima kasih atas kesempatan untuk berpartisipasi dalam program Belbiz on Radio ini. Saya adalah seorang Petani dan mengalami kendala di permodalan untuk mengembangkan bisnis. pilihan yang saya miliki adalah meminjam ke Bandar dengan persyaratan yang tidak susah dan cepat. Lain halnya dengan perbankan yang mensyaratkan banyak hal dengan bunga yang tidak ringan serta beban yang tidak sedikit. Bagaimana baiknya menurut Pak Meriza? Terima kasih atas tanggapannya.

Wassalam
Usep sukmara

Babakan siliwangi



Waalaikumsalam wr. Wb.
Waahhh.. Pak Usep selalu aktif dan mengikuti program Belbiz on Radio. Terima kasih atas partisipasinya yang pak dan semoga bermanfaat untuk kemajuan bisnis Bapak. Bicara tentang sumber pendanaan, adalah permasalahan yang selalu dihadapi oleh para entrepreneur dalam berbisnis dan ini harus diselesaikan dengan optimal, tidak hanya mencari sumber pendanaan, akan tetapi,juga berhubungan dengan pengelolaan dana tersebut.

Bicara sumber pendanaan, sebelum kepada dua pilihan yang Bapak sampaikan, mari kita analisis terlebih dahulu sumber pendanaan lainnya. Pertama, tentu dari uang sendiri dulu, hal ini bisa berasal dari asset yang Bapak miliki dan dilego untuk kepentingan pengembangan bisnis yang bapak jalankan. Hal ini penting sebelum pilihan kepada keluarga dan saudara. Mereka juga bisa menjadi sumber pendanaan. Demikian juga dengan teman.

Adapun Bandar merupakan orang perorangan ataupun lembaga yang dapat meminjamkan uang. Biasanya dengan kemudahan dan kecepatan, tetapi, bunganya tinggi. Saya rasa, sayang kalau Bapak Bandar. Pilihan yang dapat dilakukan juga kepada program Corporate Social Responsibility (CSR) atau Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) yang diberikan oleh Badan Usaha Milik Negara. Jelas ini menjadi pilihan yang lebih baik daripada Bandar. Selain pendanaan, juga ada pelatihan yang diberikan oleh perusahaan tersebut, khususnya pelatihan manajemen.

Ada juga pemerintah yang memiliki program pengembangan petani. Tentu hal ini jangan diabaikan karena pemerintah sebagi regulator memiliki program untuk peningkatan kualitas petani. Selanjutnya adalah lembaga keuangan non perbankan seperti koperasi. Hal ini perlu juga dimanfaatkan.

Barulah setelah itu perbankan dengan gambaran yang sudah akan berikan tadi, dengan catatan ada agunan. Kalau menurut saya, lebih baik dimulai dari yang awal dulu, barulah berpindah ke yang paling tinggi. Sesuaikan dengan kemampuan Bapak juga dalam hal pengelolaan pertanian serta kemampuan bayarnya. Sukses ya pak

 Tanya Jawab di Program Beliz on Radio K-Lite 107,1 FM bersama STRABIZ Management Bandung pada hari Jumat, 29 Juli 2016. Tanya jawab lainnya dapat dilihat di www.belbizonradio.com dan www.strategidanbisnis.com


 snb

Share To:

meriza hendri

Post A Comment: