Program Pencetakan seratus ribu wirausaha baru Jawa Barat yang dicanangkan oleh Bapak Ahmad Heryawan pada tahun 2014 sudah memasuki tahun ketiga dan pastinya sudah banyak menghasilkan wirausaha baru Jawa Barat, apalagi yang sudah gabung dengan koperasi wirausaha baru Jawa Barat. Selain itu, mereka juga sudah tersebar di berbagai daerah dan mengikuti program pengembangan wirausaha lainnya yang dapat dilihat pada kegiatan pelatihan, seminar, pameran dan lain-lain.


Akan tetapi, tentu perlu terus perbaikan untuk menghasilkan wirausaha baru Jawa Barat yang berdaya saing seperti yang ditekankan oleh Bapak Gubernur. Salah satu hal mendasar yang perlu dilakukan saat ini adalah peningkatan sinergisitas seluruh stakeholders dalam program WUB ini khususnya penthahelix yang terdiri dari akademisi, perusahaan, komunitas, pemerintah sampai dengan media. Optimasi seluruh stakhoelders ini perlu ditingkatkan karena sudah memasuki tahun ketiga.

Meskipun wirausaha sudah mendapatkan pelatihan, pemagangan sampai dengan pendampinga, tetap saja mereka membutuhkan peningkatan mindset sebagai seorang entrepreneur, kapabilitas organisasi bisnis yang mereka bangun sampai dengan optimasi pemanfaatan social capital untuk memenuhi kebutuhan terhadap sumber daya yang dibutuhkan untuk menjalankan perusahaan serta menghadapi perubahan lingkungan bisnis yang begitu cepat, tidak pasti, tidak bisa dikontrol dan mengalami turbulensi.

Peningkatan ketiga aspek ini bertujuan untuk bisa membuat daya saing mereka ditingkat nasional dan bahkan global. Pemprov Jabar perlu meningkatkan peran koordinasi serta mendesain peran masing-masing stakeholders untuk berkontribusi kepada masing-masing wirausaha baru Jawa Barat. Saat ini, wirausaha baru Jawa Barat membutuhkan konsep bisnis dan manajemen yang bisa membantu mereka untuk mengembangkan bisnis. para akademisi bisa berperan serta dalam konteks ini. Bahkan mereka membutuhkan learning dari para akademisi untuk meningkatkan mindset serta kapabilitas organisasi bisnis.

Perusahaan yang sudah menjalankan program Corporate Social Responsibility (CSR) maupun Program Kemitraan Bina Lingkungan perlu dikoordinasikan dengan baik karena perusahaan ini juga sudah mengeluarkan anggaran yang tidak sedikit. Koordinasi yang baik akan bisa menyesuaikan program-program yang disasar untuk kemajuan wirausaha baru Jawa Barat. BUMN juga sudah menjalankan program ini. satu yang sangat penting yaitu bagaimana sistem informasi yang akurat terhadap data masing-masing WUB.

Komunitas juga sudah sangat concern dengan pengembangan wirausaha dan ini perlu dipimpin langsung oleh pemerintah untuk dapat menghasilkan wirausaha yang sukses seperti harapan pemerintah. Ada GIMB Foundation, Tangan Diatas sampai dengan organisasi formal yaitu KADIN Jabar, KADIN di masing-masing kota/kabupaten serta HIPMI Jabar dan HIPMI di masing-masing Kota/kabupaten. Kegiatan-kegiatan mereka perlu tercatat.
Pemerintah sendiri sebagai regulator diharapkan mampu mengelola data dan mengkoordinasikan program yang di dijalankan oleh akademisi, perusahaan, perbankan, komunitas sampai dengan pemerintah sendiri yang memiliki pemerintah di masing-masing kota dan kabupaten. Sudah ada 13 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Provinsi Jawa Barat yang terlihat dan pastinya harus didukung oleh masing-masing OPD di 27 Kota/Kabupaten.

Yang tidak kalah penting adalah bagaimana pemerintah mampu mengkoordinir media yang ada di Provinsi Jawa Barat, khususnya media yang ada di masing-masing kota/kabupaten. Sudah waktunya para wirausaha untuk di branding-kan sesuai dengan lokasi dan bahkan potensi bisnis mereka masing-masing. hal ini penting untuk bisa mengkomunikasikan kepada stakeholders pemerintah Jabar tentang kinerja masing-masing WUB selain program pameran dan lain-lain.

Inilah rasanya yang diperlukan untuk meningkatkan jumlah dan kualitas wirausaha baru Jawa Barat sehingga mindset, kapabilitas organisasi serta memanfaatkan peluang dari lingkungan eksternal untuk mencapai sustainable competitive advantage seperti harapan Bapak Gubernur Jabar dapat tercapai.

Meriza Hendri, Direktur STRABIZ Management Bandung,





Share To:

meriza hendri

Post A Comment: