BUSINESS TODAY
Pemerintah sudah menerapkan Tax Amnesty bagi pengusaha Indonesia yang dulu pernah menyimpan uang di luar negeri dengan berbagai alasan sehingga dana mereka terus saja mengendap di luar negeri dan menguntungkan pemerintahan negara lain. Salah satunya Singapura. Dengan banyaknya dana millik orang Indonesia di negara tersebut, dapat memberikan manfaat bagi negara dalam membangun Singapura dan buktinya? Terlihat bagaimana pembangunan Singapura yang luar biasa.

Berdasarkan data yang ada, baru seminggu penerapan Tax Amnesty, sudah masuk dana dari luar negeri sebesar 400 miliar rupiah dan ini adalah sebuah permulaan. Memang banyak terjadi perdebatan diantara masyarakat Indonesia dimana kok pengusaha besar diberi pengampunan atas kesalahan mereka atas keputusan dan tindakan mereka  yang menghindari pajak sementara saat ini, rakyat kecil dan pengusaha kecil dikejar-kejar untuk membayar pajak.


Memang terkesan tidak adil. Terlepas apapun yang melatarbelakangi keputusan Tax Amnesty, tentu diharapkan negara ini tidak akan dirugikan lagi oleh orang-orang yang mengambil keuntungan sepihak dengan pengetahuan mereka tentang pajak. Semoga reformasi perpajakan ini benar-benar dijalankan oleh pemerintah mulai dari orang-orang pajak yang jujur sampai pemanfaatan uang pajak untuk pembangunan negara, bukan untuk dikorupsi.

Sebagai seorang entrepreneur, tentu ada pelajaran yang sangat berharga karena sejatinya seorang entrepreneur adalah seorang pejuang bagi bangsa ini dimana dengan bisnis yang dijalankan dapat berkontribusi pada pembangunan negara dengan meningkatkan pendapatan negara sampai dengan pembukaan lapangan pekerjaan yang notabene adalah tugas dari negara. Jadi, sebagian dari tugas negara sudah dijalankan oleh para entrepreneur.

Salah satu aspek yang memang harus dipahami dan dijalankan adalah pajak. Setiap entrepreneur sudah harus memperhitungkan pajak yang harus dibayarkan kepada negara. Khusus untuk pajak penghasilan, bayarlah pajak sesuai dengan aturan yang ada. Demikian juga dengan pajak yang dibayarkan oleh konsumen terhadap produk yang kita jual. Disinilah entrepreneur sudah harus menghitung dan memisahkan uang yang mereka bayar kepada para entrepreneur dan nantinya dibayarkan kepada negara serta dilaporkan secara berkala.

Tentu ini akan mempengaruhi harga dan laba yang akan diterima oleh para entrepreneur. disinilah entrepreneur harus benar-benar memilki sebuah mindset untuk menerapkan manajemen keuangan untuk perusahaan mereka masing-masing. disinilah seorang entrepreneur sudah ikut dalam menjalankan reformasi pajak.


Bagaimana dengan anda? Sudah siap membangun pakta integritas untuk membuat bisnis yang beretika? Hmmm….
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: