Social capital, inilah yang selalu menjadi konsep dasar yang harus dipahami oleh setiap entrepreneur dalam memenuhi setiap kebutuhan dalam bidang keuangan, pasar, pengetahuan, bahan baku, mesin dan bahkan material dalam menjalankan bisnis. dengan konsep social capital tersebut, bisa didapatkan dengan relative lebih murah dan mudah. Salah satu yang harus dilakukan oleh entrepreneur adalah memanfaatkan web untuk kepentingan branding dan mendapatkan social capital dari program CSR


1.       Memiliki mindset bahwa social capital bisa didapatkan dari program CSR
Ini adalah mindset dasar dimana program CSR yang diselenggarakan oleh perusahaan merupakan salah satu sumber mendapatkan social capital dan sangat penting bagi entrepreneur dalam memenuhi sumber daya yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis.
2.       Membangun desain web dan pengelolaan web
Desain web harus disesuaikan dengan karakter diri dan juga perusahaan serta produk. Selain itu, juga didesain pengelolaan web tersebut.
3.       Membuat web\
Entrepreneru harus memiliki web diri dan web perusahaan dan harus dikelola dengan baik untuk dijadikan sebagai media untuk branding diri dan juga perusahaan khususnya aktivitas yang berhubungan dengan program CSR dan PKBL yang diterima.
4.       Mengelola web
Setiap entrepreneur diharapkan bisa mengelola web nya dengan baik dan rutin karena seringkali entrepreneur hanya bisa membuat web, tetapi, tidak konsisten mengelola web nya dengan baik. Akhirnya, banyak yang tidak tersampaikan kepada pengelola program CSR.  
5.       Mengkomunikasikan web
Entrepreneur harus mengkomunikasikan web kepada stakeholders melalui social media yaitu facebook, twitter, instagram dan yang lainnya. Demikian juga dengan kartu nama, promosi di surat dan lain-lain.
6.       Evaluasi
Entrepreneur perlu melakukan evaluasi atas web yang dibuat tentang bagaimana tanggapan dari stakeholders yang membaca web tersebut. Daya tarik dan respon dari stakeholders menjadi penting.
7.       Tingkatkan kualitas isi web
Ini yang harus dilakukan setiap entrepreneur dengan meningkatkan kualitas dari isi web itu sendiri dengan isi yang berhubungan dengan pemikiran, aktivitas sehari-hari yang berhubungan dengan bisnis serta link dengan bisnis utama para entrepreneur. 

Inilah beberapa tips Corporate Social Responsibility yang pastinya harus dijalankan entrepreneur dalam kerangka membangun manajemen sistem perusahaan yang unggul untuk mencapai sustainable competitive advantage. Let’s make a management system for our company

Oleh Tim STRABIZ Management Consulting 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: