Ada satu tantangan para entrepreneur dalam menjalankan bisnis saat ini yaitu bagaimana mencapai sustainable competitive advantage atau keunggulan bersaing yang berkelanjutan di tengah tingginya tingkat persaingan bisnis. jelas, salah satu yang harus dimanfaatkan oleh para entrepreneur adalah teknologi informasi melalui aplikasi atau software dalam berbisnis. Jangan harap bisnis akan unggul kalau tidak menggunakan software saat ini.


1.       Miliki mindset untuk membangun bisnis dengan teknologi informasi
Hal ini bermula dari mindset atau sikap mental terhadap bisnis dan teknologi informasi yang ada dan nantinya pemanfaatannya didalam bisnis.
2.       Kenali proses bisnis sampai detail
Entrepreneur dituntut untuk mengenali setiap proses bisnis masing-masing dari A sampai Z sehingga akan semakin paham nantinya untuk membuat management system untuk bisnis tersebut.
3.       Buat management system
Entrepreneur harus membuat management system untuk setiap proses bisnis yang ada dalam usaha mereka dalam bentuk Standard Operating Procedures (SOP).
4.       Kenali aplikasi yang relevan
Entrepreneur harus mengenali setiap aplikasi yang relevan dengan bisnis masing-masing karena berhubungan dengan bagaimana mencari sebuah kesesuaian antara proses bisnis dan aplikasi tersebut.
5.       Dalami aplikasi yang relevan dengan proses bisnis
Entrepreneur sendiri harus memahami setiap aplikasi yang relevan dengan proses bisnis karena ini akan berhubungan dengan value yang didapatkan dari setiap aplikasi. Selain itu, tentu bicara tentang penggunaan aplikasi tersebut dalam bisnis.
6.       Gunakan dalam bisnis
Sudah waktunya entrepreneur berkomitmen dan berinvestasi untuk menggunakan aplikasi yang sesuai dengan bisnis mereka karena inilah yang dibutuhkan oleh bisnis saat ini untuk dapat bersaing.
7.       Evaluasi dan lakukan perbaikan
Setiap aplikasi yang digunakan oleh para entrepreneur bertujuan untuk membantu proses bisnis sehingga mencapai keunggulan bersaing yang berkelanjutan untuk mencapai tujuan bisnis yaitu profit, people, planet, sustainability sampai dengan tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar. Indikator ini harus dilihat sebagai tujuan dan dasar untuk melakukan evaluasi penggunaan aplikasi bagi bisnis. kalau yang sudah baik, lanjutkan dan yang masih kurang, diperbaiki.
  
Inilah beberapa tips Enterprise Resources Planning yang pastinya harus dijalankan entrepreneur dalam kerangka membangun manajemen sistem perusahaan yang unggul untuk mencapai sustainable competitive advantage. Let’s make a management system for our company

Oleh Tim STRABIZ Management Consulting 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: