Ada satu hal yang sangat penting bagi entrepreneur dalam mendesain bisnisnya sesuai dengan teknologi informasi yang akan dimanfaatkan yaitu bagaimana proses bisnis yang detail dan sudah teruji dengan baik. Hal ini sangat penting ketika ketika sebuah sistem manajemen khususnya teknologi informasi yang digunakan oleh entrepreneur sudah dibuat, akan susah lagi melakukan revisi atas program yang sudah jadi, tentu ini jangan sampai terjadi.


1.       Pahami proses bisnis yang sedang dijalankan entrepreneur.
Tugas utama setiap entrepreneur itu adalah bagaimana memahami proses bisnis yang sedang dijalankan dengan baik. Dalam konteks ini, jelas tujuan, sumber daya yang diperlukan untuk menjalankannya, program untuk menjalankankannya sampai dengan orang yang terlibat.
2.       Uji proses bisnis yang sedang dijalankan
Diawal, proses bisnis yang sudah ada di perusahaan harus diuji terlebih dahulu dengan membandingkan antara apa yang sudah didesain dengan apa yang dicapai. Apakah sudah optimal? Ini akan terlihat dari hasil yang didapatkan dari proses bisnis tersebut. 
3.       Mulai tuliskan
Sudah waktunya entrepreneur menuliskan proses bisnis yang ada karena diperlukan catatan yang rapih dan teratur. Hal ini akan menjadi dasar untuk para entrepreneur menganalisis tentang hasil dari proses bisnis yang ada.
4.       Perbaiki
Entrepreneur perlu merevisi proses bisnis yang ada dengan kembali lagi melihat hasil yang dicapai dan dimana permasalahan yang timbul dari proses bisnis tersebut. Disinilah mulai ditemukan kualitas dari proses bisnis.
5.       Barulah ditetapkan sebagai sebuah sistem yang baku
Sudah waktunya entrepreneur menetapkan sebuah sistem yang baku untuk proses bisnis yang ada dan membuat terstandar dengan baik.
6.       Mulai mencari sistem manajemen dan teknologi yang relevan
Hal inilah yang menjadi tindak lanjut bagi para entrepeneur dalam memanfaatkan enterprise resources Planning yang menjadi sebuah software yang sesuai dengan bisnis para entrepreneur. kemudian, coba jalankan dengan persiapan infrastruktur termasuk orangnya. .
7.       Evaluasi dan lakukan perbaikan
Waktunya sekarang entrepreneur melakukan evaluasi dan perbaikan atas software yang digunakan di perusahaan agar bermanfaat untuk meningkatkan kinerja perusahaan.

Inilah beberapa Enterprise Resources Planning yang pastinya harus dijalankan entrepreneur dalam kerangka membangun manajemen sistem perusahaan yang unggul untuk mencapai sustainable competitive advantage. Let’s make a management system for our company
Oleh Tim STRABIZ Management Consulting


Share To:

meriza hendri

Post A Comment: