Menjadi seorang entrepreneur, tentu akan dihadapkan pada berbagai permasalahan yang berhubungan dengan keuangan dan inilah tantangan yang harus dihadapi oleh setiap entrepeneur. Seringkali entrepreneur gagal dalam melewati kondisi ini dan membuat bisnis mereka menjadi fail atau bangkrut. Tentu hal ini tidak diharapkan oleh para entrepeneur yang sudah memulai usaha tersebut dengan berbagai pengorbanan.

Inilah yang harus diperhatikan oleh setiap entrepeneru dalam berbisnis. Mereka harus bisa mengelola uang dengan baik karena kembali ke konsep bisnis tadi yaitu bagaimana mengelola keuangan dengan konsep TP = TR – TC. Oleh karena itu, beberapa hal yang perlu dilakukan oleh entrepreneur adalah


1.       Memahami konsep bisnis dengan baik
Konsep bisnis harus dipahami dengan sebaik mungkin oleh para entrepreneur ketika akan melakukan pengelolaan uang bisnis. Kenapa demikian? Inilah konsep TP = TR – TC yaitu total profit yang dihasilkan dari total revenue yang dikurangi dengan total cost. Ini adalah dasar bagi entrepreneur dalam memahami bisnis.

2.       Memahami proses bisnis
Proses bisnis itu harus dilihat secara terintegrasi yaitu bagaimana hubungannya dengan keuangan, pemasaran, operasi dan sumber daya manusia. Semuanya ada diproses bisnis dan aktivitas ini relevan dengan TP = TR – TC.

3.       Memahami dampak keuangan dari proses bisnis
Ini yang paling penting yaitu bagaimana setiap entrepreneur harus bisa menyadari dan memahami dampak dari proses bisnis terhadap keuangan. Setiap keputusan yang berhubungan dengan aktivitas keuangan, pemasaran, operasi dan sumber daya manusia akan berhubungan dengan uang. Keuangan itu berhubungan sekali dengan Total Profit, pemasaran itu berhubungan dengan Total Revenue dan operasi serta Sumber daya manusia berhubungan dengan Total cost. 

4.       Membuat anggaran perusahaan
Selanjutnya adalah bagaimana entrepreneur fokus dalam membuat anggaran atau budgeting untuk perusahaan mereka. Hal ini berhubungan dengan penerimaan dan pengeluaran yang nantinya berhubungan dengan laba yang akan didapat oleh setiap entrepreneur.

5.       Konsisten dengan anggaran perusahaan
Terakhir, konsisten dengan anggaran perusahaan yang sudah dibuat dalam perusahaan. keputusan itu berhubungan dengan mental setiap entrepreneur dan ini penting bagi entrepreneur untuk fokus pada anggaran  yang sudah dibuat. Tidak boleh dibawah target dan juga mengeluarkan biaya yang lebih besar dari anggaran.

Inilah beberapa tips Financial Management yang pastinya harus dijalankan entrepreneur dalam kerangka membangun manajemen sistem perusahaan yang unggul untuk mencapai sustainable competitive advantage. Let’s make a management system for our company

Oleh Tim STRABIZ Management Consulting 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: