Tantangan bagi para entrepreneur saat ini adalah bagaimana membangun bisnis yang kuat dan berdaya saing dengan basis konsumen yang meman harus dimanage dengan seoptimal mungkin. Ada satu konsep yang seringkali dibangun oleh entrepreneur yaitu bagaimana membuat proram CRM yaitu customer Relationship Management bagi setiap konsumen yang sudah merasakan manfaat dari setiap produk para entrepreneur. beberapa hal yang harus dilakukan oleh para entrepreneur adalah


1.       Mindset bahwa konsumen adalah asset perusahaan
Ingat, asset utama perusahaan saat ini adalah konsumen untuk bisa menghasilkan profit, people, planet, sustainability sampai dengan tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar.
2.       Perusahaan harus mengelola konsumen
Perusahaan memang diminta untuk mengelola setiap konsumen sampai mereka puas dan loyal sehinga dapat memberikan nilai bagi perusahaan jangka panjang.
3.       Memahami need, want dan demand konsumen
Need, want dan demand dari para konsumen adalah basis setiap entrepreneur untuk menghasilkan produk dan layanan. Kecerdasan seorang entrepreneur dengan mengetahui need, want dan demand akan menjadi dasar untuk fokus membuat produk dan layanan yang tepat.
4.       Menganalisis kekuatan perusahaan
Entrepreneur harus menganalisis kekuatan perusahaan masing-masing karena nantinya akan menentukan sejauh mana kemampuan dari seorang entrepreneur memberikan yang terbaik kepada konsumen. dengan kekuatan yang sudah diketahui dengan baik, maka penawaran akan mudah bagi setiap entrepreneur kepada konsumen.
5.       Membuat produk terbaik untuk konsumen
Produk yang terbaik adalah kunci bagi need, want dan demand dari setiap konsumen dan mereka tidak akan menawar lagi setiap produk yang berkualitas. Bahkan nantinya, mereka akan ngomong ke berbagai media dan bahkan orang tentang kualitas produk yang ditawarkan oleh para entrepreneur.
6.       Menjaga hubungan baik dengan konsumen
Hubungan baik adalah kunci bagi setiap orang yang membangun persahabatan dan bagi konsumen, ini adalah yang penting. Tidak peduli menunggu sesuatu yang harus berhubungan dengan bisnis, yang non bisnis juga perlu dilakukan dalam konteks bagaimana membangun informal relationship dengan para konsumen.
7.       Memberikan service yang berkelanjutan kepada konsumen
Entrepreneur harus memberikan service yang paripurna dan berkelanjutan kepada konsumen agar mereka dapat terus membangun hubungan baik dengan para konsumen. tentu, seperti seseorang yang memiliki sahabat, mereka sangat membutuhkan layanan yang paripurna.

Inilah beberapa tips Marketing Management yang pastinya harus dijalankan entrepreneur dalam kerangka membangun manajemen sistem perusahaan yang unggul untuk mencapai sustainable competitive advantage. Let’s make a management system for our company
Oleh Tim STRABIZ Management Consulting


Share To:

meriza hendri

Post A Comment: