Setiap entrepreneur akan dihadapkan pada konsep TP = TR – TC yang memang menjadi kunci dalam menggapai tujuan bisnis yaitu profit, people, planet, sustainability serta tumbuh dan berkembang dalam menjalankan bisnis. Ini menjadi point utama untuk sukses dalam bisnis sehingga setiap entrepreneur harus fokus pada konsep ini.



Lalu, apa yang harus dilakukan?
1.       Gambarkan proses bisnis perusahaan
Langkah pertama adalah menggambarkan proses bisnis dalam perusahaan dalam kerangka bagaimana entrepreneur bisa memberikan value yang superior kepada setiap pelanggan. Ini menjadi penting bagi setiap entrepreneur untuk mengetahui dengan baik proses bisnis mereka masing-masing.

2.       Analisis proses bisnis
Analisis ini bertujuan untuk menilai tingkat efektif dan efisien dari setiap proses bisnsi yang ada . bisa jadi ada kesalahan dalam setiap tahapan proses bisnis

3.       Perbaiki proses bisinis
Memperbaiki proses bisnis yang ada sehingga tercipta proses bisnis yang baru dan memberikan value optimal bagi perusahaan. ada proses yang terlalu panjang, dipendekkan, ada yang berbelok-belok, di luruskan dan lain-lain.

4.       Dalamin proses bisis
Entrepeneur harus mendalami setiap proses bisnis mereka mulai dari supplier, input, process dan output serta outcome. Mendalami ini akan memberikan dampak untuk mengenali dan mengetahui setiap proses tersebut secara mendalam untuk dibuat keputusan bisnis.

5.       Siapkan fasilitas untuk menjalankan proses bisnis
Ketika sebuah proses bisnis sudah didalami, persiapkan dukungan fasilitas untuk proses bisnis masing-masing bisnis para entrepeneur. Fasilitas pendukung mulai dari uang, orang, machine, metode sampai bahan baku.

Inilah beberapa tips Operation Management yang pastinya harus dijalankan entrepreneur dalam kerangka membangun manajemen sistem perusahaan yang unggul untuk mencapai sustainable competitive advantage. Let’s make a management system for our company

Oleh Tim STRABIZ Management Consulting 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: