Minggu ini, salah satu kegiatan olah raga dengan skala nasional adalah pekan olah raga yang akan melibatkan para atlet – atlet yang berasal dari seluruh provinsi di Indonesia dalam Pekan Paralimpiade Naserikan ional (Peparnas) 2016 yang dilaksankan di Jawa Barat. Pekan olah raga yang pelaksanaannya berdekan dengan PON dan menampilkan 1.983 atlet-atlet yang sudah berlatih di berbagai cabang olah raga untuk memperebutkan 605 medali emas serta ratusan medali perak dan perunggu sebagai bentuk penghargaan kepada atlet yang mampu memenangkan persaingan.

Tentu dengan berbagai cabang olah raga yang dipertandingkan dan melibatkan atlet-atlet yang sudah berlatih secara optimal di daerah masing-masing, akan menampilan kemampuan terbaik mereka sehingga mendapatkan hasil  yang terbaik. Dengan segala keterbatasan mereka, mampu menampilkan yang terbaik dan pastinya akan berjuang seoptimal mungkin.

Ada pelajaran yang sangat berharga dari Peparnas ini bagi para entrepreneur Jawa Barat dalam menjalankan bisnis yaitu bagaimana fokus kepada kekuatan yang dimiliki untuk terus berprestasi. Mungkin bagi sebagian orang akan menyerah kepada kelemahan yang mereka miliki sejak lahir, sehingga seolah-olah tidak ada prestasi yang mereka torehkan dalam kehidupan ini. paling berharap belas kasihan dari orang lain untuk bisa bertahan hidup sehingga seolah-olah masa depan mati.

Akan tetapi, sebaliknya, para atlet yang mengikuti peparnas ini fokus pada kekuatan yang mereka miliki yaitu  melihat kekuatan pada salah satu bidang olah raga dan terus belajar, berlatih, berlatih dan berlatih untuk berprestasi yang kemudian dipertandingkan dalam satu even olah raga yang tidak hanya di tingkat daerah, akan tetapi, tingkat nasional dan bahkan tingkat internasional. Fokus pada kekuatan dan dan tidak terlalu memikirkan kelemahan yang akan membuat entrepreneur tidak maju-maju adalah keputusan strategis yang harus diambil sehingga dapat menjadi dasar untuk menjalankan dan mengembangkan bisnis.

Untuk itu, para entrepreneur yang diberikan kelengkapan oleh Allah SWT harus bersyukur karena ini adalah anugerah yang paling besar yang dimiliki dan bagaimana memanfaatkannya untuk kepentingan bisnis yang dipilih dan dijalankan. Rasa syukur ini akan menjadi dasar bagi setiap entrepeneur dalam menjalankan bisnis. selain itu, akan terus memperkuat dasar untuk terus memuji Allah SWT karena sejatinya kekuatan dan kebesaran bisnis para entrepreneur tidak akan lepas dari keberkahan yang diberikan oleh Allah SWT kepada setiap entrepreneur.  

Pelajaran yang tidak kalah penting adalah bagaimana entrepreneur benar-benar terus belajar dan berlatih dalam menjalankan bisnis karena bisnis itu membutuhkan knowledge, skill dan attitude (KSA) yang berhubungan dengan bisnis dan manajemen dalam menghadapi lingkungan bisnis yang terus berubah, tidak pasti, tidak bisa dikontrol dan mengalami turbulensi agar tujuan bisnis yaitu profit, people, planet, sustainability sampai dengan tumbuh dan berkembang dapat tercapai. Lihat para atlet peparnas, mereka sudah belajar dan berlatih dalam hitungan tahun untuk dapat terpilih mewakili provinsi masing-masing. entrepreneur harus melakukan hal ini untuk bisa sukses.

Yang terakhir, adalah bagaimana entrepreneur memiliki semangat juang yang tinggi untuk berprestasi karena bisnis itu harus mencapai daya saing agar bisa sukses mencapai tujuan mereka. Tidak apat dipungkiri bahwa semuanya harus benar-benar bersaing untuk memperebutkan sebuah prestasi untuk sukses. Disinilah setiap entrepreneur dituntut untuk bisa fight untuk mencapai apa yang mereka impikan dalam menjalankan bisnis. ingat, saat ini, setiap entrepreneur harus mampu mencapai sustainable competitive advantage terhadap bisnis mereka sehingga bisa mencapai kinerja yang optimal

Meriza Hendri, Direktur STRABIZ Management Bandung


Tulisan ada di Koran Bisnis Bandung  
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: