Assalamualaikum wr. Wb.

Perkenalkan nama saya Citra dan saat ini saya sedang menjalankan bisnis. hanya saja, yang terjadi adalah bisnis saya belum berkembang, padahal sudah melewati dua tahun pertama sehingga saya agak down. Apa yang harus saya lakukan?

Wassalam
Citra .. gatsu..


Waalaikumsalam wr. Wb.
Terima kasih atas pertanyaan yang disampaikan kepada kami dan Alhamdulillah, program ini terus memberikan manfaat bagi sahabat belbiz dalam meningkatkan knowledge, skill dan attitude dalam menjalankan bisnis.

Sejatinya, seorang entrepreneur perlu memahami bahwa bisnis yang mereka jalankan itu akan melewati sebuah proses yang tidak bisa dipotong karena berhubungan dengan aktivitas atau siklus yang harus mereka lakukan untuk bisa mencapai tujuan secara efektif dan efisien. sejatinya, bisnis itu seperti makhluk hidup yaitu introduction, growth, mature sampai dengan decline.

Hanya saja, bagi setiap entrepreneur, berdasarkan pengalaman saya, dua tahun adalah dimensi waktu yang paling berat di awal bisnis karena bagaimana memperlihatkan komitmen sampai keseriusan setiap entrepreneur dalam berbisnis sembari dilihat oleh para konsumen ataupun calon konsumen.

Hanya saja, saya melihat, biasanya bisnis para entrepreneur tidak berkembang dengan baik selama dua tahun karena berhubungan dengan manajemen yang mereka terapkan dalam bisnis. seringkali entrepreneur belum menerapkan manajemen strategik, manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen operasi sampai dengan manajemen sumber daya manusia sehingga hitung-hitungan dalam bisnis tidak terjadi. Akibatnya? Bisnis tidak terukur dalam konteks perkembangannya. Inilah yang harus menjadi perhatian para entrepreneur dan bisa jadi Ibu Citra belum menerapkan manajemen.

Akan tetapi, sebelum itu, tentu perlu dilakukan analisis dulu terhadap lingkungan internal dan lingkungan eksternal diri dan perusahaan ibu untuk bisa menetapkan strategi yang tepat.

Tanya Jawab di Program Beliz on Radio K-Lite 107,1 FM bersama STRABIZ Management Bandung setiap hari Jumat, Pukul 19.15 – 20.15. Tanya jawab lainnya dapat dilihat di www.strategidanbisnis.com




Share To:

meriza hendri

Post A Comment: