Kemaren sore, saya mendapatkan sebuah tulisan yang sangat berharga dalam konteks bagaimana prediksi kalau ekonomi Indonesia hancur dan bahkan negara ini hancur bila terlambat membuat keputusan yang tepat untuk negeri ini ditengah currency war yang sedang terjadi dan berdampak kepada seluruh sektor kehidupan bangsa, termasuk ekonomi,politik, sosial budaya dan teknologi di negeri ini.

Begitu pesimisnyakah para ahli ataupun teknokrat di Indonesia dalam menyikapi perubahan lingkungan bisnis yang begitu cepat dan dan tidak terduga oleh banyak orang sehingga kesimpulan yang diambil begitu cepat dan terkesan panik. Saya mungkin tidak mau terjebak dengan apa yang dirasakan oleh para petinggi negeri ini dengan mengadakan pertemuan dan memberikan statement yang seringkali kontrak produkrtf.

Satu hal yang sangat penting bagi saya adalah betapa pentingya setiap entrepreneur harus mengambil keputusan secara cepat dan tepat. Hmmm… edan, kata teman saya ketika saya memberikan pernyataan seperti itu kepada mereka, khususnya keputusan yang berhubungan dengan bisnis dan menentukan masa depan mereka sendiri dalam konteks bisnis tersebut.

Keputusan yang sangat cepat dan tepat berhubungan dengan bagaimana entrepreneur dituntut untuk bisa memberikan perhatian bagaimana arti keputusan tersebut bagi diri sendiri, keluarga, masyarakat dan juga secara khusus untuk bisnis mereka. Kecepatan membuat keputusan bukan berarti membuat keputusan yang bersifat asal dan tidak memperhatikan hal-hal yang berhubungan dengan dampak keputusan itu sendiri.

Hal ini bisa dilakukan ketika entrepreneur sudah memahami bagaimana proses membuat keputusan yang seharusnya dilakukan dengan baik dan sampai kepada upaya menyelesaikan masalah dan memperhatikan dampak dari setiap keputusan tersebut. Hal ini sangat relevan dengan bagaimana entrepreneur dituntut untuk bisa menganalisis setiap proses dalam pembuatan keputusan.

Ada beberap tahap yaitu problem identification, search for alternative solution, evaluation of alternative solution, decide, implementation dan juga evaluation. Hal ini penting bagi setiap entrepreneur dalam membuat keputusan dan bila dilakukan secara terus menerus, kecepatan itu akan dapat tercapai dalam artian pemahaman yang benar dari setiap langkah bisa memperpcepat proses tersebut.

Yang tidak kalah pentingnya adalah bagaimana keputusan tersebut harus bersifat sistem yaitu Input, Proces, Output, Outcome sampai Impact bagi setiap entrepreneur. hal ini berhubungan dengan ketepatan keputusan yang dibuat oleh setiap entrepreneur. oleh karena itu, ketika membuat sebuah keputusan, entrepreneur bisa mencapai kecepatan dan ketepatan dari setiap keputusan yang merek abuat.


Share To:

meriza hendri

Post A Comment: