Minggu lalu, Presiden Jokowi mengangkat Mentri dan wakil menteri Energi, Sumber Daya Mineral yaitu Jonan dan Arcandra yang nota bene adalah dua orang yang pernah menjadi menteri di masa Jokowi, kemudian keluar digantikan oleh pejabat lain dan sekarang, mereka akan berduet untuk memimpin salah satu kementrian yang sangat strategis, yang bukan hanya untuk kepentingan saat ini saja, akan tetapi, sangat berhubungan dengan pemanfaatan sumber daya alam di masa depan. Bahkan anak cucu akan sangat terpengaruh oleh keputusan pengelolaan sumber daya alam dan energy di masa sekarang.

Sebagai seorang entrepreneur, tentu hal ini memberikan pelajaran yang sangat penting dalam menjalankan bisnis karena berhubungan dengan keputusan strategis atau strategic decision yang harus diambil oleh setiap entrepreneur dalam berbisnis. Keputusan strategis adalah keputusan yang berhubungan dengan bagaimana setiap entrepreneur dapat membuat hasil yang bisa bersifat superior value atau nilai yang superior dan lebih baik daripada pesaing serta berjangka panjang. Kedua hal ini menjadi cirri khas keputusan strategis.

Adapun hubunganya dengan pengangkatan Jonan dan Arcandra dalam konteks keputusan strategis adalah bagaimana presiden membuat keputusan setelah pengangkatan menteri dan wakil menteri ini mampu memberikan superior value bagi bangsa ini ditengah carut marut nya kondisi pengelolaan sumber daya alam dan energy di negeri ini yang pastinya sudah dikenal banyak orang.

Demikian juga dengan para entrepeneur yaitu bagaimana keputusan yang dibuat oleh para entrepreneur itu ada yang memiliki dimensi strategic, taktik dan operasional dimana semuanya akan saling berhubungan. Sisi strategis yang harus diambil adalah bagaimana mereka membuat keputusan yang mampu memberikan superior value kepada stakeholders, konsumen, karyawan, masyarakat dan alam. Adapun bentuknya adalah pengangkatan tim terbaik yang memiliki sikap mental yang kuat dalam berbisnis sehingga keputusannya menjadi sangat penting untuk bisnis.


Keputusan strategic tersebut berbasis kepada analisis lingkungan internal dan eksternal. perumusan strategi, menjalankan strategi sampai dengan melakukan evaluasi dan kontrol. Inilah yang harus dilakukan oleh para entrepreneur dan belajar dari Presiden Jokowi, tentu entrepreneur harus berani dan mampu membuat keputusan strategis tersebut dengan baik. inilah yang harus dilakukan oleh setiap entrepreneur. bagi Pak Jonan dan Pak Arcandra, selamat bertugas dan semoga apa yang dilakukan, dapat berbuah terbaik bagi bangsa ini. bagaimana dengan anda? Hmmmmmmmm….

Share To:

meriza hendri

Post A Comment: