Pada tataran awal, yang dikenal oleh calon konsumen ataupun konsumen yang sudah membeli produk setiap pensiunpreneur adalah owner nya sendiri. Hal ini rasanya harus menjadi pemahaman yang mendasar bagi setiap pensiunpreneur dalam berbisnis. Bagaimana setiap pensiunpreneur harus bisa melakukan segala sesuatu dengan sendiri dan saya jadi teringat dengan konsep knowing your business sebagai sebuah kompetensi yang harus dimiliki oleh setiap pensiunpreneur dalam berbisnis.

Ini lah salah satu inspirasi yang diberikan oleh Lilis Komariah, owner Cireng LS  yang menjadi narasumber dalam program Pensiunpreneur Siapa Takut yang sudah tayang di Bandung TV dan siaran ulang di www.strabiztv.com. Inspirasi yang menggambarkan bagaimana sejatinya seorang pensiunpreneur dalam menjalankan bisnis yaitu dia melakukan sendiri dari proses awal sampai dengan memasarkan. Hal ini benar-benar terlihat dari apa yang dilakukan oleh Lilis.

“Saya menjalankan proses pembuatan cireng dari awal sampai kepada konsumen” kata Lilis. Proses mulai dari supplier dimana Lilis membeli bahan baku sendiri sehingga mengenal supplier dengan baik dan bahkan bisa melakukan penawaran kepada supplier. “Cireng ini saya buat sendiri selain dibantu oleh orang-orang yang bekerja bersama saya” tambah Lilis. Hal ini terlihat dari bagaimana Lilis menjelaskan proses pembuatan Cireng.

“Satu lagi yang saya lakukan adalah melakukan kegiatan pemasaran sendiri selain dibantu oleh tim. Saya pergi kemana-mana untuk memasarkan produk saya” tambah Lilis. Kegiatan ini dilakukan Lilis dengan mengikuti berbagai pameran yang dapat berhubungan dengan produk-produk Usaha Mikro, Kecil, Menengah yang seringkali dilakukan oleh berbagai lembaga, baik pemerintah ataupun swasta.

Semuanya ini dilakukan untuk dapat memberikan layanan kepada konsumen. Dalam konteks Integrated Successful Pensiunpreneur Model (ISP Model), jelas sekali inspirasi yang diberikan oleh Lilis berhubungan dengan bagaimana pensiunpreneur memiliki talent, knowledge, skill, attitude serta morale akan dapat melakukan bisnis mereka dengan basis percepatan sehingga dapat memberikan value kepada diri mereka sendiri, konsumen sampai dengan masyarakat dimana Lilis dapat mengembangkan Cireng LS ini dengan baik dan optimal.

Dengan membuat dan memasarkan sendiri, Lilis bisa membuktikan bahwa ISP model itu memang mampu memberikan percepatan kepada bisnisnya dalam konteks pensiunpreneur.


Lalu, masih takut memilih untuk jadi pensiunpreneur sukses? Waktunya sekarang memutuskan untuk menjadi seorang pensiun preneur sukses. Ingat…….., NOW OR NEVER…..

Share To:

meriza hendri

Post A Comment: