Rencana pemerintah untuk menetapkan harga Bahan Bakar Minyak yang sama di seluruh Indonesia sudah tersebar di mana-mana karena berhubungan dengan media yang meliput pernyataan pemerintah tersebut. Bisa dibayangkan bagaimana keseimbangan yang terjadi di negeri ini dimana seluruh rakyat mendapatkan BBM yang memang menjadi salah satu kebutuhan pokok dapat dinikmati secara bersama-sama dengan harga yang sama. Hal ini jauh sekali daripada apa yang terjadi saat ini dimana di Indonesia bagian timur, harga BBM sangat tinggi. Tentu perlu diperhitungkan bagaimana kondisi yang terjadi dimana kilang minyak tidak tersebar merata di negeri ini. akan tetapi, dengan adanya rencana pemerintah tersebut, diharapkan benar-benar bisa terjadi.


Sebagai seorang entrepreneur, tentu ada pelajaran yang sangat penting dari rencana pemerintah tersebut. Bagaimana seorang entrepreneur dalam melayani konsumen mereka dapat memberikan value yang relative sama kepada setiap konsumen nya yang notabene adalah orang-orang yang mengkonsumsi produk tersebut. Lalu, bagaimana caranya?

Disinilah fungsi manajemen yang harus dikelola dengan baik oleh setiap entrepreneur yaitu business process yang ada di perusahaan mereka. Konteksnya adalah bagaimana entrepreneur mampu mengelola business process yang selama ini kalau disederhanakan menjadi konsep SIPOC yaitu supplier, input, process, ouput sampai dengan consumer yang ada dalam setiap bisnis para entrepreneur. apalagi dalam menghadapi konsumen yang tersebar di mana-mana.

Dalam hal ini, entrepreneur diharapkan mampu mendapatkan supplier yang bisa memberikan superior value dalam konteks produk yang berkualitas serta harga yang bersaing. Tidak ada biaya non ekonomi atau biaya siluman yang menambah beban harga bahan baku. Dapatkan sumber langsung dan gunakan teknologi informasi seperti SRM yaitu supplier relations Management. Bagaimana dengan input? Tata gudang dan pengelolaan transportasi juga harus dikelola dengan efektif dan efisien. ada konteks bagaimana tidak terjadi loss atau kerugian karena aktiitas yang harus mengeluarkan biaya siluman lagi.

Selanjutnya proses bisnis atau produksi dengan menggunakan teknologi yang modern meskipun membutuhkan cost yang tidak sedikit. Dalam konteks ini, entrepreneur harus bisa memanfaatkan teknologi informasi. Lalu, distribusi yang dapat memberikan cost terendah serta yang paling penting dapat memuaskan konsumen.


Inilah pelajaran yang berharga dari rencana pemerintah untuk menetapkan harga yang sama di seluruh Indonesia dan ini menjadi starting point untuk merubah business process yang ada diperusahaan masing-masing. bagaimana dengan anda? Hmmm..
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: