Saat ini, tantangan para entrepreneur adalah bagaimana mereka bisa mempertahankan setiap orang konsumen dan memberikan kontribusi kepada perusahaan. Ada satu konsep yang harus dipahami entrepreneur yaitu setiap konsumen itu harus dilihat kualitasnya kepada perusahaan dalam bentuk seberapa besar mereka membeli produk perusahaan, merekomendasikan kepada orang lain dan bahkan menolak pesaing. Oleh karena itu, perlu entrepreneur menjalankan beberapa tips yaitu 

1.       SEGMENTASI, TARGET PASAR, POSITIONING, BAURAN PEMASARAN
Langkah awal entrepreneur harus melakukan segmentasi terhadap pasar berdasarkan geografi, demografi, psikografi dan perilaku untuk dijadikan dasar untuk dipilih sebagai target pasar. Kemudian menempatkan produk di benak konsumen dan dilanjutkan membuat bauran pemasaran dengan konsep produk yang unggul, harga yang tepat, distribusi yang cepat, promosi yang lowcost dan high impact, proses yang cepat, didukung oleh orang yang kompeten dan juga bukti fisik yang menarik.
  
2.       ATTENTION
Entrepreneur harus mampu menyampaikan keberadaan produk kepada calon konsumen dengan promosi yang low cost dan high impact. 

3.       INTEREST
Entrepreneur harus bisa menarik perhatian setiap target pasar kepada produk dan bisnis mereka dimata konsumen dengan menampilkan keunggulan produk 

4.       DESIRE
Membuat hasrat konsumen untuk membeli produk dengan membuat program yang dibatasi oleh waktu sehingga emosi para konsumen mempengaruhi diri mereka untuk berhasrat membeli produk. 

5.       ACTION
Membuat konsumen membeli produk yang dihasilkan oleh entrepreneur dan disinilah perlunya memberikan jasa agar konsumen mendapatkan moment of truth dari para entrepreneur. hal ini menjadi kritis bagi para entrepreneur. 

6.       PUAS
Kepuasan adalah tujuan para entrepreneur dalam menjalankan bisnis karena pada hakekatnya uang itu ada di konsumen dan salah satu misi para entrepreneur adalah memuaskan konsumen. 

7.       LOYAL
Loyalitas harus dicapai oleh setiap entrepreneur untuk setiap konsumen karena mereka akan melakukan repeat order, membeli produk yang lain, memberikan rekomendasi kepada keluarga, orang lain dan juga teman-teman. Yang terakhir adalah menolak pesaing. 

Inilah yang harus dilakukan oleh para entrepreneur dalam memasarkan produk-produk mereka kepada konsumen.
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: