Assalamualaikum wr. wb. 

Terima kasih atas kesempatan mendapatkan ilmu dan pengalaman dari para praktisi dan akademisi dalam program Belbiz ini. ada satu pertanyaan yang ingin saya dapatkan jawaban yaitu mengapa Sekarang ada istilah Account Executive, apakah ini hanya istilah saja?

Waalaikum salam wr. Wb.

Taufik Cimahi


Wasalamualakum wr. Wb. 

Terima kasih atas tanggapan dan pertanyaan yang disampaikan kepada kami dan semoga Belbiz akan terus bisa memberikan inspirasi untuk kemajuan diri dan bisnis para entrepreneur. 

Seorang entrepreneur memang harus memahami konsep dasar yang berkembang seperti sekarang ini, khususnya tentang pemasaran yang seringkali di sebut dengan account executive. Pertama, account execetuive tidak menjalankan peran marketing, akan tetapi, lebih kepada selling atau menjual produk dari perusahaan kepada konsumen. target utamanya adalah menjualkan produk kepada konsumen yaitu bagaimana produk dibeli oleh para konsumen. 

Hal ini mulai dari mencari konsumen yang sudah ditetapkan oleh perusahaan dan juga promosi oleh entrepreneur. intinya, fokus kepada bagaimana terjadinya transaksi pembelian oleh konsumen kepada perusahaan. disinilah seorang account executive mencari target pasar, mengenalkan produk, mempengaruhi untuk membeli produk sampai dengan terjadi transaksi penjualan. Hal ini harus dilakukan oleh setiap account executive karena mereka bekerja sesuai dengan target penjualan yang sudah ditetapkan oleh manajemen perusahaan. 

Setelah itu, account executive harus bisa melayani konsumen dengan baik melalui konsep service excellence dan kemudian membuat data base mereka untuk bisa dimanage dengan baik melalui konsep Customer Relationship Management (CRM). Tujuannya adalah bagaimana konsumen itu puas dan loyal kepada perusahaan. pada akhirnya, kompensasi bagi account executive pun harus jelas yaitu bagaimana mereka mendapatkan komisi dari hasil penjualan selain gaji pokok. Inilah yang harus dipahami dengan konsep account executive bagi para entrepreneur. 

Tanya Jawab di Program Beliz on Radio K-Lite 107,1 FM bersama STRABIZ Management Bandung setiap hari Jumat, Pukul 19.15 – 20.15. Tanya jawab lainnya dapat dilihat di www.strategidanbisnis.com
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: