Menjadi seorang leader adalah tugas dan bahkan tanggungjawab yang melekat pada diri setiap entrepreneur dalam menjalankan bisnis untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan. Memang ini terkesan agak teoritis, akan tetapi, inilah yang harus dilakukan oleh setiap entrepreneur dalam berbisnis. Menjadi seorang leader.

Berdasarkan pengamatan yang dilakukan, seringkali entrepreneur tidak menyadari peran dan tanggungjawab mereka dalam berbisnis dengan menjadi seorang pemimpin. Yang mereka rasakan adalah bagaimana bekerja, bekerja dan bekerja, terlepas dari bekerja melalui diri sendiri ataupun orang lain. Mungkin diawal, seorang entrepreneur bisa saja bekerja secara sendiri dengan merencanakan bisnis, menjalankan bisnis, dan bahkan sampai pada mengevaluasi bisnis tersebut.

Rasanya, hal ini bisa saja dilakukan sendiri. Akan tetapi, tentu ada beberapa hal yang harus dipahami bahwa dirinya juga harus dipimpin. Lihat saja bagaimana entrepeneur seringkali gagal dalam berbisnis karena gagal melakukan self leadership dan akan menimbulkan bagaimana mereka seringkali blunder dalam membuat keputusan dan tidak konsisten dengan bisnis yang dijalankan. Akhirnya, bisnisnya bangkrut. Lihat saja bagaimana entrepreneur itu tidak fokus, tidak konsisten dalam berbisnis.

Hal yang tidak kalah pentingya adalah bagaimana entrepreneur itu seringkali tidak menyadari bahwa bisnis mereka itu sejatinya tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar. Itu akan sangat membutuhkan orang yang tidak sedikit sehingga harus harus memperkerjakan orang lain. Bisnis tidak akan bisa lagi dikerjakan sendiri, akan tetapi, harus banyak orang. Inilah yang harus dipahami oleh entrepreneur dan mereka akan memperkerjakan orang lain untuk menjalankan bisnis.

Inilah perlunya leadership atau kepemimpinan seorang entrepreneur yaitu bagaimana dia bisa mempengaruhi orang lain untuk bekerja mencapai tujuan secara efektif dan efisien. ini penting karena akan menentukan bagaimana pekerjaan bisa mencapai tujuan dari berbagai aspek yaitu keuangan, pemasaran, operasi, sumber daya manusia serta teknologi informasi yang ada dalam perusahaan.

Oleh karena itu, entrepreneur harus menjadi leader yang efektif dan efisien dengan terus belajar, belajar dan belajar. Belajar dari buku-buku serta tulisan-tulisan yang membahas bagaimana sejatinya seorang leader serta bagaimana mereka melihat leaders yang sukses dalam berbisnis. Selain itu, entrepreneur harus juga belajar dari pengalaman yang dirasakan dalam memimpin orang-orang dalam perusahaan mereka. Teruslah belajar dengan menjalankan serta bagaimana melakukan perbaikan atas leadership masing-masing entrepreneur.
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: