Assalamualaikum wr. wb.
Terima kasih atas program Belbiz on Radio saat malam ini yang berhubungan dengan PON dan Wirausaha dengan mendatangkan Pak Iwa, sekda Jabar dan ketua harian PB PON ke 19. O iya Pak, saya mau tanya, bagaimana dampak MEA bagi UMKM dan apa yang harus dilakukan?

Waalaikum salam wr. Wb.
Suganda, Majalaya

Wasalamualakum wr. Wb.
Terima kasih atas tanggapan yang diberikan dan semoga acara ini akan terus bisa memberikan value kepada wirausaha dan sahabat Belbiz.

Bicara tentang MEA, atau masyarakat Ekonomi ASEAN yang sudah diberlakukan sejak tanggal 31 Desember 2015, jelas ini adalah sebuah peluang bagi wirausaha untuk bisa terus mengembangkan pasar yang ada.

Jelas ini harus dipersiapkan dengan konsep bisnis yang kuat serta kualitas produk yang tinggi agar bisa memenuhi harapan dari setiap konsumen, apalagi konsumen yang berasal dari Sembilan negara ASEAN lainya. Ada kurang lebih 620 juta jiwa yang bisa menjadi pasar potensial bagi seluruh wirausaha untuk menjalankan dan mengembangkan bisnisnya.

Akan tetapi, lebih baik fokus dulu pada pasar dalam negeri yang berjumlah lebihd ari 250 juta jiwa yang pastinya menjadi target dari orang-orang luar negeri juga. Jangan terjebak dengan pasar luar negeri karena pasar dalam negeri saja masih sangat terbuka dan inilah yang menjadi perhatian setiap wirausaha untuk mencapai kesuksesan. Setelah itu, barulah ke luar negeri untuk melihat pasar dan merambahnya.

Yang paling penting, terus tingkatkan diri, produk dan bisnis setiap entrepreneur untuk bisa mencapai bisnis yang kuat dan bisa diterima oleh pasar.

Tanya Jawab di Program Beliz on Radio K-Lite 107,1 FM bersama STRABIZ Management Bandung pada hari Jumat, pukul 19.15 – 20.15. Tanya jawab lainnya dapat dilihat di www.strategidanbisnis.com
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: