Assalamualaikum wr. Wb. 

Pa kabar kang .. semoga akang berada dalam keadaan sehat dan sukses dengan kegiatan bisnis dan selalu berbagi kepada para entrepreneur muda di Jawa Barat. Luar biasa kang, banyak hal baru yang saya dapatkan dari rubrik yang akan bina ini. Sekali lagi, terima kasih kang. O iya kang, saya Surya, dan saat ini saya berbisnis keripik yang diproduksi oleh saudara saya. 

Di awal, saya fokus bersama saudara untuk memproduksi keripik tersebut. dengan modal berdua, kami menjalankan bisnis tersebut. tidak terasa, sudah hampir satu tahun bisnis itu berjalan. Akan tetapi, pada bulan ke 10 kemaren, saya memilih untuk berpisah dengan saudara dimana saya hanya akan fokus ke pemasaran dan saudara fokus ke bagian produksi. Jadi, harga yang saya ambil dari saudara tersebut adalah harga seperti layaknya distributor membeli kepada saudara. 

Yang ingin saya tanyakan, apa saja kang aspek bisnis yang harus menjadi perhatian saya karena rasanya, saya hanya fokus kepada pemasaran dari keripik yang dihasilkan oleh saudara saya tersebut. demikian pertanyaan ini saya sampaikan dan atas jawaban akang, saya ucapkan terima kasih.

Wassalam 

Surya


Waalaikum salam Surya. 

Luar biasa,... berbisnis bersama saudara yang memang sebaiknya saudara bisa menjadi partner yang bersifat strategis untuk mencapai tujuan bisnis. Saudara sudah memiliki chemistry dengan dasar semangat kekeluargaan yang dimiliki satu sama lain. Sehingga membuat para entrepreneur bisa memiliki rasa togetherness dalam menjalankan bisnis. Itu patut untuk disyukuri oleh para entrepreneur, termasuk kang Surya. 

Jika dihubungkan dengan terjadinya perbedaan konsep bisnis yang akan alami, perlu diperhatikan bahwa para entrepreneur itu tetap harus fokus dengna bisnis yang dijalankan. Yang membedakan akan sekarang dan sebelum berpisah adalah dalam menjalankan bisnis itu sendiri, akan berdua dengan saudara bersama-sama. Inilah yang perlu diperhatikan dalam konteks bisnis itu sendiri.

Akan tetapi, ketika sudah berpisah, bukan berarti konsep bisnisnya lepas? Tidak. Tetap akan harus concern dengan konsep bisnis yang dijalankan yaitu bagiamana bisa membangung bisnis yang sesuai dengan karakter bisnis itu sendiri dan juga mencapai tujuan bisnis berupa marketing untuk keripik tadi. Demikian juga dengan saudarara akang yang lebih fokus kepada bagaimana bisnis memproduksi keripik menjadi besar 

Adapun aspek yang harus menjadi perhatian akang dalam membangun dan mengembangkan bisnis yang fokus memasarkan produk keripik adalah keuangan, pemasaran, operasi dan juga sumber daya manusia. Keuangan ini berhubungan dengan bagaiamana akan mendapatkan dana dan mengelolanya sesuai dengan standar akuntansi. Adapun pemasaran, berhubungan dengan bagaimana akan melakukan segmentasi dan targetting kepada pasar dan juga membuat bauran pemasaran dengan tujuan konsumen bisa mengetahui, tertarik, berminat dan membeli serta puas dan loyal dengan bisnis akang.

Aspek operasi berhubungan dengan bagiamana proses bisnis yang ada dari supplier, input, process produksi, output dan juga produk sampai kepada konsumen. Hal ini harus dilakukan untuk menghasilkan produk yang berkualitas dan mencapai efisiens. Yang terakhir adalah aspek sumber daya manusia dimana akan harus bisa membuat desain atas struktur organisasi, membuat job description, job specification, penempatan orang, pelatihan dan pengembanga, kompensasi sampai kepada pemberhentian mereka. Inilah empat aspek yang harus diperhatikan dalam bisnis akang. Sukses ya..... (MH)
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: