Pengeluaran keuangan perusahaan menjadi isu yang sangat penting dalam konteks bisnis. Inilah yang selalu saya tekankan kepada para entrepeneur yang terus belajar bisnis dengan tujuan untuk menumbuhkembangkan bisnis mereka selain profit, people, planet dan sustainability dalam bisnis tersebut.

Pengeluaran ini harus dikontrol sesuai dengan anggaran yang sudah dibuat dengan tujuan untuk mencapai efisiensi dari setiap rupiah yang sudah dikeluarkan. Efisiensi ini relevan dengan total cost yang dikeluarkan oleh perusahaan dalam rangka mencapai tingkat profit yang merupakan selisih dari total revenue dengan total cost. 

Pengaturan pengeluaran perusahaan ini seringkali dikenal oleh entrepeneur dengan konsep cost control. Pengelolaan keuangan ini, benar-benar sangat penting untuk keberhasilan pencapaian tujuan perusahaan untuk kedepannya. 

Pengalaman saya mengelola keuangan perusahaan membutuhkan pemahaman atas bisnis secara komprehensif. Pemahaman ini mengarahkan setiap entrepreneur untuk tetap fokus dan adanya akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan itu. Akuntabilitas ini penting agar setiap keputusan itu memiliki dasar yang kuat. Itulah nantinya yang digunakan untuk pertanggungjawaban dalam bisnis.

Selain itu, perlunya konsistensi dalam pengelolaan pengeluaran tersebut. konsistensi ini membutuhkan disiplin yang tinggi agar benar-benar bisa menjadi berkelanjutan dalam setiap harinya. Tidak ada peluang untuk tidak konsisten. 

Yang terakhir adalah ketegasan terhadap pengeluaran keuangan itu. Ketegasan ini penting karena banyak berhubungan dengan manusia yang memiliki akal dan fikiran, oleh karena itu, ketegasan inilah yang menjadi kunci keberhasilan dalam pengendalian pengeluaran.
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: