Seorang entrepreneur harus menjadi manager keuangan bagi usahanya, selain itu mereka harus bisa menjadi seorang marketer yang bisa memasarkan produknya. Sejatinya sebuah produk adalah solusi bagi konsumen, jika produk tersebut sudah menjadi sebuah solusi tentunya akan bisa memudahkan marketing untuk bisa menjual sebuah produk.

Salah satu backbone yang harus kita miliki sekarang adalah teknologi informasi, dengannya seorang entrepreneur bisa lebih mengkontrol setiap kegiatan usahanya. IT merupakan sebuah alat namun bisa menjadi bagian utama dalam kegiatan marketing.

Menurut Meriza Hendri dalam program Belbiz on K-Lite Radio 107,1 Fm yang di pandu oleh Kujang Suryalaga pada Jum’at malam (25/03), “Teknologi dapat membantu seorang entrepreneur dari berbagai aspek, mulai dari proses produksi bahkan penjualan,” katanya.

Meriza Hendri memberikan tips bagi para entrepreneur pemula terkait teknologi apa yang bisa membantu mereka, menurutnya kini banyak aplikasi yang bisa membantu proses marketing yang bisa di optimasi oleh para pebisnis pemula.

“Manfaatkan-lah sosial media, disana kita bisa dengan gratis melakukan promosi yang tentunya dapat membantu penjualan produk kita,” tambahnya.

Kunto Aji yang turut hadir dalam acara tersebut menuturkan meski teknologi kini muda di dapat dan murah, para entrepreneur harus tetap berprilaku positif dalam menggunakannya. “Jangan sampai kegiatan promosi kita menyalahi Undang-Undang yang berlaku dinegara ini, nanti bukannya untung malah berbagai masalah akan banyak menghampiri kita,” ungkapnya.

Dalam pembicaraan tersebut dapat dirangkumkan bahwa teknologi merupakan bagian terpenting dalam pengembangan UMKM, namun bagi para pelakunya sendiri teknologi harus benar-benar diawasi. Kegiatan promosi sangat mudah dilakukan menggunakan teknologi, namun dengannya jangan sampai promosi tersebut malah menjebak kita untuk berperilaku tidak sehat.
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: