Aslm kang Meriza,
Merupakan suatu kehormatan bagi saya untuk menuliskan pertanyaan kepada kang Meriza yang rubrik ini selalu saya ikuti dan banyak pengetahuan yang sudah saya dapatkan dan bermanfaat selama menjalankan bisnis saya berupa bengkel mobil.

Perlu saya sampaikan kepada akang bahwa bisnis saya ini sudah berjalan beberapa tahun dan sudah banyak pelanggan. Alhamdulillah, banyak kemajuan yang sudah dicapai selama ini. senang sekali karena akan berhubungan dengan kemajuan bisnis ini.

Akan tetapi, ada satu permasalahan yang menjeadi alasan saya menuliskan pertanyaan melalui rubrik ini. permasalahan yang saya hadapi berhubungan dengan produktivitas karyawan yang sudah berjumlah 12 orang. Produktivitas ini penting sekali karena relevan dengan hasil yang hendak dicapai perusahaan saya.

Karyawan yang berjumlah 12 orang tersebut memiliki latar belakang pendidikan yang berbeda-beda dan semuanya juga memiliki knowledge, skill dan attitude (KSA) seperti yang akan sampaikan selama ini, juga berbeda-beda. Inilah yang menjadi permasalahan saya saat ini.

Saya membutuhkan saran dari akang apa yang sebaiknya saya lakukan agar produktivitas karyawan saya meningkat dan terus bertambah. Terima kasih atas masukan akang kepada saya.

Wassalam
Agus
Bandung.

Wasssalam kang Agus
Bisnis otomotif yang terus bertumbuh dan berkembang adalah salah satu industri yang sangat diminati oleh para entrepreneur baik sebagai pebisnis dalam konteks bengkel ataupun aksesoris, sound system dan lain-lainnya. Artinya, setiap bisnis yang relevan dengan otomotif akan terus berkembang juga karena memang tingkat kebutuhan akan layanan dan produk ini akan terus ada dan tidak pernah berhenti.

jadi, akan perlu bersyukur dengan pilihan industri tersebut dan akan menjadi efektif dan efisien dalam hal bisnis bila akang benar-benar fokus dengan bisnis ini. permasalahan yang berhubungan dengan produktivitas karyawan adalah permasalahan yang umum dihadapi oleh entrepreneur. tidak hanya akan saja yang menghadapi masalah ini, hampir semua orang menghadapi masalah yang berhubungan dengan produktivitas karyawan.

Berbicara produktivitas karyawan, relevan dengan bagaimana output yang diberikan oleh karyawan dibandingkan dengan input yang mereka terima dari perusahaan. input tersebut relevan dengan kompensasi yang diberikan oleh perusahaan seperti gaji pokok yang diterima karyawan, tunjangan-tunjangan yang diterima mereka. Demikian juga dengan penerimaan lainnya.

Untuk itu, maka yang pertama harus dipahami adalah bagaimana setiap karyawan memahami pekerjaan masing-masing. Hal ini dapat dilihat dari job description setiap karyawan kang Agus. Inilah awal yang dapat dilihat. Yang paling utama adalah bagaimana karyawan memahami job description mereka.

Kemudian, memberikan target kepada setiap karyawan dalam bekerja karena target tersebut akan menjadi guidance atau arahan dalam menjalankan setiap kegiatan para karyawan. target tersebut harus jelas, terukur, dimensi waktu juga menjadi penting agar target menjadi realisasi. Yang terakhir adalah bagaimana kang agus harus menjalankan peran sebagai coach kepada karyawan. coaching adalah proses yang penting agar mereka bisa bekerja sesuai dengan apa yang sudah ditargetkan. Itu saja ya kang, dan sukses untuk kang agus dengan bisnisnya.
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: