Assalamualaikum wr. wb.
Terima kasih atas kesempatan yang diberikan untuk berbagi informasi dan pertanyaan dalam program Belbiz on Radio ini dan semoga acara ini akan terus memberikan manfaat bagi banyak orang. Melalui forum ini, saya ingin menanyakan bagaimana cara disiplin mengatur keuangan agar membayar cicilan tepat waktu? Adapun pertanyaan kedua adalah Kalau dua bisnis yang berbeda, bagaimana mengelola agar tidak campur aduk. Terima kasih atas jawaban yang diberikan  

Waalaikum salam wr. Wb.
Neny yuliani, rancaekek


Wasalamualakum wr. Wb.
Terima kasih atas tanggapan dan pertanyaan  yang Ibu Neny berikan kepada kami dan insya Allah program ini akan terus memberikan manfaat kepada sahabat Belbiz.

Hal mendasar yang perlu dipahami oleh setiap entrepreneur adalah bagaimana pengetahuan dan keterampilan dalammengelola hutang dan saya sendiri menyarankan ketika di awal bisnis, jangan berhutang dulu. Kecuali untuk mengembangkan bisnis.

Ketika hutang sudah ada, tentu yang paling utama adalah mengelola keuangan untuk pembayaran hutang tersebut. Secara mendasar, cicilan pokok dihitung dan dibayar dari laba perusahaan sementara bunganya diambil dari biaya atau cost yang dikeluarkan oleh perusahaan. dalam  konteks ini, bunga itu disebut sebagai cost of capital yang harus dibayar oleh entrepreneur.

Dalam hal ini, entrepreneur harus menyisihkan keuangan perusahaan dengan uang pribadi dimana untuk kepentingan diri sendiri, diambil dari gaji yang dibayarkan oleh perusahaan kepada entrepreur dan untuk hutang, sudah dianggarkan setiap bulan. Kedisiplinan seorang entrepreneur untuk membayar cicilan itu sangat menentukan keberhasilan dalam membayar hutang.

Adapun untuk bisnis yang lebih dari satu, sama perumpamaam yang harus dilakukan adalah bagaimana mengelola sebuah holding company dimana harus ada pemisahan keuangan yang ketat untuk keperluan pribadi, keuangan perusahaan satu dan keuangan perusahaan kedua. Hal ini benar-benar menentukan bagaimana setiap entrepreneur bisa tegas yang dimulai dari anggaran, pencatatan keuangan, pengelolaan biaya sampai dengan pemberian laba dari masing-masing perusahaan.

Tanya Jawab di Program Beliz on Radio K-Lite 107,1 FM bersama STRABIZ Management Bandung pada hari Jumat, pukul 19.15 – 20.15. Tanya jawab lainnya dapat dilihat di www.strategidanbisnis.com
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: