Betul sekali, temuan saya dalam disertasi yang saya lakukan, ditemui bahwa entrepreneur tidak akan pernah sukses kalau tidak mengerti bisnis dan lingkungan bisnis serta bisnisnya tidak akan bertahan dan berkembang dalam jangka panjang bila tidak menerapkan manajemen.

Disinilah terlihat bagaimana pentingnya manajemen bagi setiap entrepreneur untuk membangun bisnis dalam jangka panjang. Hanya masalahnya, bisnis itu berada dalam lingkungan bisnis, baik internal, eksternal apalagi individu para entrepreneur itu sendiri yang memiliki karakteristik selalu berubah, tidak pasti, tidak bisa dikontrol dan mengalami turbulensi atau perubahan tiba-tiba.

Hal ini memaksa entrepeneur untuk memahami dan mendalami MANAJEMEN STRATEGIK/Strategic management yang membahas bagaimana entrepreneur harus bisa menganalisis setiap perubahan lingkungan bisnis dan memilih sebuah strategi agar bisa tetap mencapai tujuan bisnis itu sendiri.

So, inilah yang perlu diperhatikan entrepreneur ketika bicara tentang manajemen yaitu bagaimana mereka WAJIB memahami strategic management dan saya berani berkesimpulan bahwa SEORANG ENTREPENEUR ADALAH CEO dan harus menjadi ahli strategi bagi bisnis mereka. 

So, saya sendiri mengajak diri saya dan teman-teman entrepreneur untuk mulai belajar dan memanfaatkan STRATEGIC MANAGEMENT dalam bisnisnya karena seiring dengan perkembangan ilmu juga yaitu kombinasi antara strategic management dengan entrepreneur menjadi STRATEGIC ENTREPRENEURSHIP. satu lagi, saatnya entrepreneur perlu membuat SYSTEM MANAGEMENT dalam setiap bisnis para entrepreneur.. LET'S BE A STRATEGIC ENTREPRENEUR....
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: