Hmmmmm.... bicara tentang rugi, saya jadi teringat dengan konsep entrepreneurship itu sendiri dimana ada sebuah value yang harus diperhatikan setiap entrepreneur ketika mereka menjalankan bisnis. Value yang juga berhubungan dengan konsep diri mereka sendiri dan juga konsumen. akan tetapi, ketika membaca konsep rugi diatas, terlihat rugi yang dimaksud adalah rugi untuk diri sendiri, maka konsep value juga akan dilekatkan pada diri sendiri.

Value jelas perbandingan antara Benefit dengan Cost. benefit ketika seseorang menjadi entrepreneur, jelas sudah biasa dibahas seperti yang banyak disampaikan orang yaitu, profit untuk diri sendiri, image bahwa anda pengusaha, punya kebebasan uang, kebebasan waktu dan lain-lain. akan tetapi, bicara tentang cost dan berdampak pada rugi, memang benar, bukan hanya rugi dalam bentuk uang saja yaitu berupa kerugian investasi, rugi tidak digaji dari perusahaan sendiri dan rugi tidak mendapatkan profit. ada kerugian lainnya yang dari sisi waktu atau time cost.

Ini penting diperhatikan karena waktu adalah aset yang sangat luar biasa dan tidak bisa diganti atau tibeli. bagi entrepreneur, waktu itu yang paling penting.itu kenapa perlu time management bagi entrepreneur. kedua adalah rugi dari aspek energi. bisa dibayangkan setiap entrepeneur waktu memulai usaha harus terus-terusan fokus dan mengeluarkan energi untuk menjalankan bisnis mereka. ketika bangkrut? tentu tidak bisa diganti.

Ketiga, bicara tentang psychological cost yaitu kerugiankarena aspek psikis yang sangat tinggi dalam bisnis. tingkat stress yang tinggi itu terlihat dari bagaimana entrepeneur harus menghadapi berbagai tekanan psikologi dalam bisnis. keempat, kerugian relationship karena entrepeneur dituntut untuk fokus dalam bisnis dan membuat relasi mereka dengan keluarga, teman, sahabat berkurang. kerugian kepada ALLAH SWT karena banyak menyita waktu untuk bisnis dan seringkali agar jauh dari Allah SWT dalam beribadah.

Yang terkakhhir adalah kerugian dalam aspek opportunity cost dimana entrepreneur merugi atas pilihan bisnis dari dua atau lebih pilihan....hmmm.. so, jelas, entrepreneurship itu adlaah pilihan sadar dan profesional bagi setiap entrepreneur dalam hidup ini... fokus, be profesional seperti bekerja di perusahaan orang lain, (sebenarnya kita kerja di perusahaan juga, yaitu perusahaan kita) dan optimasi nilai diri dan bisnis kita... karena entrepeneur itu adalah sebuah value....
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: