Assalamualaikum wr. wb.
Terima kasih atas program yang sangat inspiratif dan memberikan value kepada saya sebagai orang yang berhubungan dengan bisnis. Apakah untuk menjadi seorang entrepreneur itu dibutuhkan suatu keahlian/ keterampilan khusus ataupun punya modal dasar dari diri pribadinya sendiri?, bagaimana dengan suatu hobi, bakat atau minat seseorang, apakah itu juga termasuk dalam kategori entrepreneur?, langkah/ tips apakah yang harus dimiliki atau yang ada di seorang entrepreneur itu?. Terimakasih.

Waalaikum salam wr. Wb.
Irwan, Cipagalo.

Wasalamualakum wr. Wb.
Terima kasih atas pertanyaan dan tanggapan yang diberikan dalam program Belbiz ini dan selalu berharap dapat memberikan value kepada sahabat Belbiz dalam menjalankan bisnis ataupun berperan sebagi seorang entrepreneur.

Bicara tentang sebuah bisnis yang dijalankan oleh para entrepreneur, jelas berhubungan dengan pengetahuan dan keterampilan yang berhubungan dengan bisnis dan manajemen agar bisa membuat bisnisnya bisa mencapai tujuan yaitu profit, people, planet, sustainable sampai dengan bisnis yang tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar.

Oleh karena itu, memang benar diperlukan keahlian khusus untuk bisa berbisnis untuk membuat bisnis itu maju. Lalu, bagaimana dengan modal yang diperlukan untuk sukses? Modal  yang diperlukan itu relative dan kalau saya sendiri merekomendasikan untuk mulai dari modal yang kecil agar tidak membuat kerugian yang besar ketika bisnis itu dijalankan dan belum berhasil. Ada proses learning atau pembelajaran yang didapat oleh para entrepreneur dalam berbisnis.

Hobi bisa menjadi sebuah dasar untuk menjadi sebuah bisnis yang dijalankan oleh entrepreneur dan oleh karena itu, tinggal mengasah hobi dan juga menghubungkannya menjadi sebuah bisnis. artinya, hobi tidak hanya dianggap sebagai sebuah hal  yang menimbulkan cost, akan tetapi, dicari cara bagaimana hobi itu bisa menghasilkan uang dan bahkan profit bagi setiap entrepreneur. inilah konteks dimana mereka sudah menjadi seorang entrepreneur dari hobi yang sudah dimilikinya.

Tanya Jawab di Program Beliz on Radio K-Lite 107,1 FM bersama STRABIZ Management Bandung pada hari Jumat, pukul 19.15 - 2015. Tanya jawab lainnya dapat dilihat di www.strategidanbisnis.com
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: