Dalam proses menjalankan peran sebagai entrepreneur yang jelas tentu berharap produk berupa jasa ataupun barang yang diperjual belikan, satu pelajaran utama yang sangat penting adalah bagaimana bicara value atau nilai yang didapatkan oleh setiap konsumen.


Hal ini mengingatkan saya kepada materi yang didapatkan selama kuliah yang berhubungan dengan strategic management yang sangat penting bagi setiap entrepreneur. profesor saya selalu mengingatkan untuk mencapai superior value yang harus diberikan oleh perusahaan atau entrepreneur ditengah tingginya kompetisi serta tuntutan para konsumen yang selalu tinggi dan semakin tinggi.


bicara masalah value, tentu setiap konsumen mengharapkan bagaimana benefit yang mereka dapatkan adalah yang paling tinggi atau paling optimal sementara biaya yang mereka keluarkan semakin minimal atau semakin sedikit. Inilah kata kuncinya.


value merupakan perbandingan antara benefit yang didapatkan konsumen dengan dengan cost yang dikeluarkan oleh konsumen. Inilah yang harus menjadi perhatian setiap entrepreneur dalam value.


Benefitnya juga harus jelas dan terdiri dari produk, orang yang memberikan layanan, service serta image dari produk kita tersebut dibenak konsumen. Inilah yang harus dioptimalkan oleh para entrepreneur.


Adapun cost yang dikeluarkan tidak hanya berhubungan dengan rupiah saja karena ada cost lain yang harus diperhatikan yaitu time cost, energy cost serta psychology cost yang dikeluarkan oleh para konsumen.


semuanya harus menjadi perhatian entrepreneur dan hubungannya dengan superior value adalah bagaimana value tersebut harus lebih unggul dari pesaing. Inilah yang membuat bisnis entrepreneur menjadi competitive atau unggul dari pesaing lainnya. 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: