Selamat malam, nama saya Andika dan mohon tanggapan  dampak positif dan negatif dari kontrakan rumah karena seringkali orang melihat kontrakan itu enak, akan tetapi, ada juga yang gagal dimana mereka mendapatkan asset yang rusak dan bermasalah di bidang hukum. Mohon tanggapan dari bapak-bapak di acara Belbiz ini.

Andika, Metro

Bandung Timur


Selamat malam,

Terima kasih atas perhatian dan pertanyaan yang Bapak Andika sampikan kepada acara Belbiz On Radio yang tayang setiap Jumat malam dan membahas berbagai hal yang berhubungan dengan bisnsi yang dijalankan oleh para entrepreneur atau sahabat Belbiz. Semoga acara ini akan terus memberikan pembelajaran tentang bisnis dan manajemen yang dijalankan oleh para entrepreneur karena sejatinya entrepreneur yang sukses itu berbasis kepada pengetahuan tentang entrepreneurship, bisnis dan manajemen.

Kontrakan adalah sebuah pilihan bisnis yang dapat dijalankan oleh para entrepreneur. akan tetapi, jelas ini memiliki resiko seperti layaknya bisnis-bisnis lainnya karena setiap bisnis itu memiliki potensi resiko yang akan dihadapi seiring dengan perubahan lingkungan bisnis yang pastinya tidak bisa dikontrol, selalu berubah dan bahkan mengalami turbulensi atau perubahan yang terjadi secara tiba-tiba. ini akan menjadi ancaman selain peluang dalam bisnis.

Dalam kontrakan, bisa menjadi salah satu pilihan investasi bagi setiap entrepreneur dengan konsep apakah hanya dikontrakan saja dimana entrepreneur itu tinggal menunggul pembayaran setiap tahun. Ini bersifat pasif. Akan tetapi, ada juga pilihan untuk menjadi pengusaha kontrakan dimana ada pengelolaan kontrakan seperti layaknya orang mengelola hotel ataupun wisma dan lain-lain. Ada day to day managemen dalam berbisnis kontrakan.

Ini adalah sisi positif dari kontrakan yang dikelola oleh para entrepreneur sehingga asset yang dulunya pasif, sekarang bisa menjadi income generating bagi bisnisnya. Tentu akan menjadi pendapatan bagi para entrepreneur.

Akan tetapi, tentu potensi resiko yang melekat pada bisnis kontrakan ini adalah bagaimana kondisi rumah yang dikontrakkan itu rusak. Tentu hal ini dampak dari penggunaan rumah itu sendiri. Yang lain adalah bagaimana dari aspek hukum  yang seringkali menjadi masalah bagi para entrepeneur yaitu terorisme ataupun yang lainnya.


Disinilah seorang pengusaha yang berbisnis kontrakan berupaya untuk meminimalisir setiap potensi resiko yang timbul dari setiap aktivitas yang berhubungan dengan bisnis kontrakan ini. disinilah “seni” mengelola bisnis kontrakan bagi setiap entrepreneur. sukses untuk Andika ya…
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: