Assalamualaikum wr. wb.
Selamat malam bapak-bapak, saya mau tanya,saya sering mendengar banyak orang yang sukses dari modal kecil, di sisi lain saya merasa kurang berani jika punya modal kecil, di sisi lain saya merasa kurang berani jika punya modal kecil, kira-kira bagaimana sebaiknya yang saya lakukan?.

Waalaikum salam wr. Wb.
Omar Hidayat di Pasteur.

Wasalamualakum wr. Wb.
Terima kasih atas pertanyaan yang Bapak Omar sampaikan dan pastinya ini juga dirasakan oleh para sahabat Belbiz yang lainnya karena memang bisnis itu tidak akan bisa dilepaskan dari modal yang diperlukan untuk memulaimya

Salah satu permasalahan berhubungan dengan modal adalah besar kecilnya modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha. Akan selalu menajdi pertanyaan apakah diperlukan modal yang besar untuk memulai bisnis sementara kalau yang kecil, akan lama mengembangkannya seperti yang dilakukan oleh para entrepreneur yang sudah memiliki usaha yang besar.

Bagi saya, setiap entrepreneur yang memulai usaha, lebih baik memulai dengan modal yang kecil karena ada satu konsep dasar yang harus dipahami oleh setiap entrepreneur yaitu bagaimana mereka memulai bisnis itu dari awal dan untuk mengembangkannya, diperlukan proses  yang tidak sebentar. Hal ini penting karena memang begitulah bisnis yang notabene akan melewati fase yang tidak sebentar dari introduction, growth, mature sampai dengan decline.

Oleh karena itu, saya mengajak Pak Omar untuk tetap memulai bisnis dengan modal yang tidak harus dlaam jumlah besar karena nantinya akan beresiko untuk terjadi kerugian. Ketika ini bisa dijalankan, maka bisnis tersebut akan tumbuh dan berkembang dan disinilah kebutuhan modal akan semakin besar. Akan tetapi, jelas, hasilnya juga sudah bisa dilihat dan dirasakan. Waktunya untuk menambah modal, tidak apa-apa. Semangat Pak Omar dan mulailah dari yang kecil dulu.

Tanya Jawab di Program Beliz on Radio K-Lite 107,1 FM bersama STRABIZ Management Bandung pada hari Jumat, 12 Agustus 2016. Tanya jawab lainnya dapat dilihat di www.belbizonradio.com dan www.strategidanbisnis.com
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: