Assalamualaikum wr. Wb. 

Pa kabar Kang Meriza, semoga akang sehat dan bisa terus berbagi dengan para wirausaha di Jawa Barat. Pemikiran akang benar-benar memberikan inspirasi dan pencerahan dalam menjalankan bisnis karena yang saya rasakan, semakin kesini, bisnis itu memang membutuhkan knowledge agar tidak tersesat dan berdampak kerugian bagi bisnis. 

Ada satu pertanyaan yang selalu menjadi fikiran saya dan ini berhubungan dengan konsep bisnis yang saya jalankan yaitu busana muslim berupa baju Koko. Desain dan bahan baku yang saya pakai untuk baju ini memang baru dan berbeda dengan biasanya. Jelas ini membutuhkan tantangan tersendiri bagi saya untuk memasarkannya. Saya sudah tawarkan kepada mal-mal di Jakarta, tetapi, belum optimal


Apa yang sebaiknya saya lakukan untuk memasarkan produk ini agar bisa dikenal luas oleh para konsumen yang notabene adalah anak muda yang menggunakan pakaian muslim bagi kegiatan sehari-hari mereka.  Demikian saya sampaikan dan atas jawaban yang akan berikan, saya mengucapkan terima kasih. 


Wassalam 


Okta


Bandung





Waalaikum salam Okta


Terima kasih atas doanya dan sukses terus buat kita semua ya. Luar biasa bisnis yang dijalankan oleh Okta karena industri ini sudah termasuk industri yang jenuh. Banyak produsen pakaian yang memproduksi pakaian muslim. Akan tetapi, jelas, setiap entrepreneur perlu membuat differensiasi atas produk tersebut yang bisa dari aspek bahan baku, bentuk ukuran, bahan baku serta desainnya. 


            Sebagai sebuah produk yang kalau digambarkan berdasarkan siklus hidupnya adalah pada fase introduction, jelas produk ini perlu dikomunikasikan atau di branding kan secara efektif dan efisien. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan attention, interest, desire serta action konsumen serta puas dan loyal pada akhirnya terhadap produk tersebut. Ini menjadi key success factor produk ini di pasar. 


            Oleh karena itu, promosi dengan konsep low budget, high impact harus menjadi perhatian agar produk tersebut bisa sampai kepada konsumen. Promosi melalui iklan di sosial media berupa instagram, twitter, facebook dan lain-lain akan bisa meningkatkan awareness calon konsumen terhadap produk yang Okta buat. Selain itu, perlu juga dilakukan sponsorhip berupa kegiatan-kegiatan yang relevan dengan kegiatan anak muda yang menampilkan pakaian muslim. 


            Contohnya adalah pameran yang diselenggarakan oleh mahasiswa di berbagai kampus, pameran di Dinas-Dinas pemerintahan dan lain-lain. Demikian juga yang perlu menjadi perhatian bahwa Okta sendiri juga harus menjadi brand ambassador terhadap produk ini sehingga bisa dikenal oleh banyak orang. Brand ambassador pertama itu adalah owner nya sendiri sehingga terlihat karakter produk Okta. 


            Inilah yang harus dilakukan untuk membrandingkan produk kepada konsumen ataupun calon konsumen sehingga orang semakin sadar dengan produk tersebut dan akan terus kenal, tertarik, berminat serta mau membeli produk kita. itu dulu ya...sukses buat Okta.
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: