Sebagai seorang entrepreneur, tugas yang paling berat adalah untuk menumbuhkembangkan bisnis masing-masing karena berhubungan dengan bagaimana entrepreneur mulai menerapkan manajemen dalam bisnis tersebut. Konsep manajemen itu sendiri adalah bagaimana bekerja dengan dan melalui orang lain  untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien seperti yang sudah ditetapkan oleh owner dan manajemen.

Ketika ini dilakukan, tentu entrepreneur sudah harus memahami bahwa mereka tidak bekerja sendirian dan sudah melibatkan orang lain. Kesadaran ini menjadi penting karena berhubungan dengan bagaimana seorang entrepreneur menjalankan peran sebagai seorang leader dan juga melakukan delegasi atas pekerjaan yang dijalankan setiap hari. Entrepreneur harus benar-benar memahami akan hal ini.

Entrepeneur perlu fokus pada bagaimana memberikan delegasi tugas kepada mereka. Delegasi ini jangan sampai salah dan bahkan menambah masalah bagi entrepreneur dan bisnisnya. Dampaknya pasti akan negative sekali dalam berbisnis. Kesalahan di bidang keuangan, pemasaran, operasi dan sumberdaya manusia adalah beberapa contohnya karena aspek itulah yang ada di bisnis.

Oleh karena itu, entrepreneur perlu fokus pada bagaimana memberikan delegasi kepada karyawan. konsep delegasi ini fokus pada prosses dan tujuan yang hendak dicapai dalam setiap pekerjaan. Pertama, entrepreneur harus membuat job description atau gambaran kerja dari setiap pekerjaan yang akan di delegasikan kepada karyawan. ini adalah awal dalam mendelegasikan pekerjaan.

Kedua, persiapkan wewenang yang diberikan kepada karyawan. hal ini berhubungan dengan bagaimana mereka membuat keputusan dan tindakan. Hal ini berhubungan dengan kekuasaan yang dimiliki oleh karyawan dalam mewakili perusahaan.

Ketiga, mempersiapkan program yang akan dilakukan oleh setiap karyawan. program yang jelas dan detail sangat penting bagi karyawan sehingga mereka bekerja punya arahan. keempat, persiapkan anggaran yang diperlukan untuk menjalankan tugas. Ini berhubungan dengan bagiamana dana yang akan digunakan oleh karyawan.  
Kelima, buat SOP atau standard operation procedure. Keenam tetapkan job specification sebagai persyaratan yang harus dipenuhi oleh setiap karyawan untuk menjalankan program.
.
Ketujuh, rekrut dan berikan trainin. Kedelapan, berikan kompensasi kesembilan, berikan mereka coaching dan mentoring. Kesepuluh, berikan kompensasi yang sesuai dengan kompetensi mereka.

Inilah hal yang harus dilakukan oleh entrepreneur dalam mendelegasikan sebuah pekerjaan yang nantinya dilakukan evaluasi atas setiap apa yang dicapai oleh setiap karyawan. disinilah peran entrepreneur untuk melakukan perbaikan terus menerus berdasarkan akar masalah yang dihadapi oleh setiap karyawan.
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: