Kamis, 10 November 2016 merupakan hari yang sangat bersejarah bagi rakyat Indonesia yaitu bagaimana rakyat Indonesia memperingati hari Pahlawan yang setiap tahun pasti memberikan nilai khusus bagi bangsa ini. Bahkan, hampir seluruh komponen bangsa memperingati hari Pahlawan dengan tujuan untuk mengenang bagaimana perjuangan pejuang dalam merebut kemerdekaan dari para penjajah, mulai dari Belanda sampai dengan Jepang.

Momentum Bung Tomo di Surabaya yang berjuang melawan Belanda dengan pekikan Allahu Akbar, menjadi bentuk bagaimana rakyat Indonesia berjuang untuk meraih kemerdekaan yang pastinya menjadi hak setiap bangsa. Perjuangan para pahlawan dan dengan ijin Allah SWT, dapat diraih oleh bangsa ini dan sekarang, rakyat dapat menikmati kemerdekaan dan berkativitas seperti layaknya bangsa lain.

Tentu hal ini tidak bisa dilepaskan dari seorang entrepreneur yang menjadi perhatian banyak piihak saat ini. Sebagai seorang entrepreneur, ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian dengan peringatan hari pahlawan ini. Yang pertama adalah bagaimana entrepreneur fokus pada kemerdekaan untuk diri mereka sendiri dimana sejatinya dalam kehiduipan ini, para entrepreneur dapa mencapai freedom atau kemerdekaan untuk waktu, kemerdekaan uang sampai kemerdekaan untuk berkreativitas dan berinovasi dalam konteks bisnis yang dijalankan oleh para entrepreneur.

Jelas sekali bahwa tujuan yang hendak dicapai oleh para pejuang adalah merdeka dan saat ini, kemerdekaan yang diharapkan adalah merdeka dari kemiskinan dan merdeka dari waktu yang terkungkung sebagai seorang karyawan. ini harus menjadi sebuah mindset bagi para entrepreneur dalam memanfaatkan waktu dalam berbisnis.

Yang kedua adalah bagaimana entrepreneur mempersiapkan pilihan bisnis yang tepat sesuai dengan potensi diri mereka masing-masing. hal ini tergambar dari kontribusi para pejuang yang memperebutkan kemerdekaan. Potensi diri sebagai ulama, akan berjuang dengan peran sebagai ulama, dokter, petani, dan lain-lain. Hal ini penting bagi para entrepreneur agar bisa menjalankan peran sebagai pejuang di negeri ini.

Yang ketiga adalah bagaimana entrepreneur saat ini menyadari bahwa mereka itu bertanggung jawab untuk mengisi kemerdekaan. Inilah salah satu esensi dari peringatan hari pahlawan tanggal 10 November ini. kenapa demikian? Jelas sekali musuh yang dihadapi bukan lagi para penjajah secara fisik, akan tetapi, musuh secara ekonomi, sosial, budaya dan pemikiran dimana berbagai pihak dari luar negeri khususnya global berusaha untuk menjajah Indonesia. Inilah yang disebuh neokolonialisme.

Adapun peran seorang entrepreneur adalah menjadi seorang pejuang yang dapat membuat negera ini merdeka dan juga masyarakat bisa mencapai kemerdekaan dari kemiskinan, pemikiran yang sejatinya memiliki nasionalisme tinggi. Sebagai seorang entrepreneur, mereka memiliki peran dalam konteks ini sehingga akan membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat, meningkatkan kesejahteraan diri dan keluarganya sampai dengan memberikan pemikiran yang positif bagi masyarakat dengan upaya yang mereka lakukan. Inilah sejatinya bentuk pengisian kemerdekaan oleh entrepreneur sebagai wujud melanjutkan perjuangan dari para pahlawan.

Inilah salah satu tanggungajwab setiap entrepreneur dalam menjalankan bisnis yang tidak hanya memberikan manfaat buat diri sendiri, akan tetapi, juga buat masyarakat dan bangsa ini. ingat, para entrepreneur adalah para pejuang dan semangat juang yang dimiliki oleh para pahlawan harus dimiliki dalam membangun bisnis. Bisnis itu membutuhkan perjuangan  yang tidak sedikit agar bisa mencapai tujuannya  yaitu profit, people, planet, sustainability serta tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar.

Ketika ini bisa dicapai, maka kemerdekaan yang sudah diperjuangkan oleh para pahlawan tidak menjadi sia-sia karena sudah ada entrepreneur yang berjuang untuk mengembangkan bisnisnya agar diri dan masyarakat yang dapat bekerja di tempat mereka bisa sejahtera selain dapat memberikan pendapatan kepada negara.
Meriza Hendri, Direktur STRABIZ Management Bandung


Meriza Hendri, Direktur STRABIZ Management Bandung


Share To:

meriza hendri

Post A Comment: