Salah satu hal yang sangat mendasar bagi setiap entrepreneur dalam membuat keputusan adalah dampak dari keputusan  yang mereka buat. Seringkali orang terjebak pada keputusan yang dibuat hanya berdasarkan kepada konsep putuskan saja, akan tetapi, mereka lupa bahwa keputusan yang dibat tersebut memiliki sebuah dampak yang sangat luar biasa bagi diri sendiri, karyawa, bisnis serta stakeholder lainnya yang relevan dengan bisnis para entrepreneur

Kami di STRABIZ Management Bandung selalu mengembangkan model decision making and problem solving dengan dasar bahwa tugas utama setiap entrepreneur adalah membuat keputusan dan bahkan keputusan tersebut harus dibuat setiap saat. Khusus untuk keputusan bisnis, menjadi penting bagaimana entrepeneur itu harus menghitung setiap aspek dari keputusan dan dampaknya kepada bisnis dalam hal pencapaian tujuan bisnis yaitu profit, people, planet, sustainability serta bisnis yang tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar. 

Aspek kunci yang tidak bisa dilepaskan oleh entrepreneur adalah bagaimana mereka memikirkan dampak dari setiap keputusan. Dampak itu adalah salah satu hasil dari keputusan yang bersifat jangka panjang dan pastinya tidak dirasakan dalam jangka pendek. Sejatinya seorang entrepreneur harus fokus kepada dampak dari setiap keputusan. Hanya saja, dampak keputusan tersebut ada dua yaitu dampak positif dan dampak negative. 

Disinilah pentingnya seorang entrepreneur harus benar-benar menyadari bahwa untuk membuat keputusan tersebut, entrepreneur diharapkan dapat berfikir secara logis. Hindari kondisi emosi dalam membuat keputusan karena itu akan berdampak kepada kualitas keputusan yang dibuat dan hanya membuat dampak negative kepada entrepeneur dan bisnis mereka masing-masing. dampak negative ini akan bertolak belakang dengan tujuan bisnis mereka. 

Bagi kami, lebih baik entrepreneur fokus kepada dampak negative yang dihasilkan dari keputusan tersebut sehingga akan bisa diidentifikasi dampak negative. Identifikasi ini akan bisa melihat bagaimana akibat kepada bisnis dan diri masing-masing entrepreneur. seringkali entrepreneur tidak concern dengan dampak negatifnya yang kalau entrepreneur bisa identifikas, akan diketahui resiko yang melekat pada diri dan bisnis mereka masing-masing.

Selanjutnya adalah bagaimana entrepeneur mengambil tindakan yang bisa mengurangi dampak negatif tersebut. Tindakan yang bertujuan untuk meminimalisir setiap aspek yang akan menyebabkan terjadinya dampak negative dan ini menjadi strategis sifatnya. Selanjutnya, entrepreneur melakukan evaluasi atas keputusan dan tindakan dalam meminimalisir dampak negatif. 

So, sudahkah entrepreneur berfikir dampak negative dari keputusannya?
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: