Aslm Kang Meriza


Perkenalkan, nama saya eman dan saat ini saya sedang menjalankan bisnis barbershop atau yang lebih dikenal dengan cukur rambut di daerah Rancaekek Kabupaten Bandung. Bisnis ini saya berinama Netral dan Alhamdulillah, sudah memberikan value bagi masyarakat sekitar untuk membantu mereka dalam proses cukur rambut yang mungkin bagi sebagian orang tidak terlalu penting. 


Mendengar sharing Kang Meriza tentang misi perusahaan beberapa waktu lalu, saya menjadi tersadarkan tentang perlunya entrepreneur memiliki misi yang jelas dan kuat dalam bisnis mereka agar tidak salah dalam menjalankan bisnis. Misi mengandung alasan kenapa entrepreneur berbisnis dan ini terlihat jelas dalam bisnis barbershop ini. Hanya saja, bagaimana bisa focus ke misi ini, kang?


Demikian pertanyaan ini saya sampaikan dan saya berharap dapat masukan dari kang Meriza untuk memperkuat misi perusahaan dan tentunya nanti berkontribusi pada kualitas bisnis saya. Atas saran dan tanggapan akang, saya ucapkan terima kasih 


Wassalam 


Eman, Kab. Bandung 





Waalaikum salam Eman 


Alhamdulillah, eman sudah berani menjadi seorang entrepreneur ketika saat ini saya melihat banyak sekali anak muda saat ini sedang mengikuti proses seleksi menjadi pegawai negeri sipil (PNS) yang memperebutkan satu kursi oleh ribuan orang. Luar biasa .. inilah cerminan kondisi bangsa dan khususnya anak muda saat ini yang masih tergantung dengan pekerjaan sebagai pegawai negeri sipil, sementara, eman tidak tertarik untuk itu. Saya sangat mendukung


Memang seringkali orang tidak memperhatikan misi bisnsi yang mereka jalankan dengan baik. Misi ini sejatinya harus menjadi fondasi yang kuat dalam berbisnis bagi setiap entrepreneur karena itu menggambarkan alasan mereka dalam berbisnis. Ketika alasannya jelas dan kuat, akan memberikan value bagi entrepreneur dalam berbisnis, khususnya ketika mereka menghadapi masalah dalam bisnis tersebut.


Secara umum, saya selalu menekankan kepada setiap entrepreneur bahwa alasan kita membangun bisnis itu harus kuat. Ada lima alasan berbisnis  yang menjadi misi bisnis tersebut yaitu memuaskan konsumen, meningkatkan value bagi pemegang saham, mensejahterakan karyawan, mensejahterakan masyarakat serta menjaga kelestarian lingkungan alam agar bisnis itu bisa berkelanjutan serta tumbuh dan berkembang.


Perhatian eman harus ditujukan kepada lima alasan ini dan focus untuk mencapainya. Seluruh keputusan bisnis yang dibuat harus memperhitungkan aspek tersebut dan pastinya akan membuat eman akan selalu focus kepada misi. Ingat, bisnis akan selalu berhubungan dengan lingkungan bisnis yang selalu berubah. 


Selain itu, eman juga berfikir bagaimana aktivitas bisnis harus bisa menunjang pencapaian misi agar value bisnis akan selalu meningkat. Tidak ada pengecualian bagi eman untuk tidak menjalankan aktivitas yang tidak berkontribusi pada peningkatan misi tersebut… sukses terus untuk eman. 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: