Selasa, 15 November 2016, Polri menyelenggarakan gelar perkara dugaan kasus penistaan agama yang dilakukan oleh Gubernur non aktif, Basuki Cahaya Purnama atau Ahok dengan menghadirkan para ahli dan saksi yang berhubungan dengan kasus yang sudah menjadi permasalahan nasional di negara ini. gelar perkara yang bertujuan untuk mengambil kesimpulan atas kejadian yang seharusnya tidak terjadi karena berhubungan dengan bagaimana urusan agam orang lain tidak dicampuri oleh orang yang berbeda agama. Selanjutnya, hasil gelar perkara akan di jadikan sebagai keputusan untuk tindak lanjutan untuk kasus ini, apakah bisa dinaikkan menjadi penyidikan atau tidak. 


Sebagai seorang entrepreneur, tentu hal ini perlu menjadi sebuah pelajaran yang berharga karena berhubungan dengan aspek legal yang tidak bisa dipisahkan oleh para entrepreneur dalam berbisnis. Beberapa pelajaran yang berharga itu adalah pertama, bagaimana entrepreneur harus mengerti bagaimana sebuah kasus hukum akan berdampak kepada diri setiap entrepreneur dalam menjalankan bisnis. tentu entrepreneur tidak akan bisa lepas dari urusan hukum kalau ada ucapan, tindakan ataupun kegiatan pribadi dan perusahaan yang bertentangan dengan peraturan yang berlaku sehingga akan membuat masalah dikemudian hari. 


Satu hal yang sangat penting yaitu bagaimana entrepreneur harus memiliki kesadaran akan hukum yang berlaku di negara ini yang relevan dengan diri dan bisnisnya. Hal ini tidak boleh diabaikan oleh setiap entrepreneur yang berbisnis. 


Kedua adalah dalam proses hukum, ada proses penyelidikan dan penyidikan yang saling berhubungan dan dalam hal ini, setiap entrepreneur yang menghadapi masalah bisnis khususnya dalam konteks hukum, harus bisa mengambil pelajaran berharga. Semua hal yang berhubungan dengan hukum harus didukung oleh dua alat bukti yang sudah memiliki kesesuaian dengan hukum pidana. Dalam hal ini, entrepreneur harus benar-benar memiliki pemahaman yang benar terhadap hukum yang berlaku dan menghindari ucapan dan tindakan yang bertentangan dengan hukum agar tidak menjadi bukti yang akan membuat mereka bermasalah di dalam konteks hukum di negeri ini. demikian juga bagaimana kalau mereka dituntut oleh pihak lain harus benar-benar berdasarkan kepada aturan yang berlaku. 


Disinilah pentingnya setiap entrepreneur harus benar-benar “melek” hukum agar setiap ucapan, tindakan dan keputusannya berhubungan dengan diri dan bisnis tidak bertentangan dengan aturan-aturan yang berlaku di negara ini. semoga gelar perkara kasus yang dihadapi oleh Ahok bisa memberikan rasa keadilan bagi umat islam. Bagaimana dengan anda? Hmmm..
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: