Assalamualaikum wr.  Wb.
Terima kasih kesempatan yang diberikan kepada saya untuk mendapatkan pengetahuan dan keterampilan serta sikap yang diperlukan oleh setiap entrepreneur dalam berbisnis melalui acara Belbiz on Radio ini. Ada dua pertanyaan yang ingin saya sampaikan, pertama, bagaimana mengelola harga yang sudah ditetapkan oleh franchisor dalam bisnis yang memiliki model franchise dimana franchisee tidak bisa merubah harga. Yang kedua, apakah diperlukan survey dalam menetapkan harga sebuah produk?
Wassalamualaikum wr. wb
Rubiyanta…
Bandung


Waalaikum salam wr. Wb
Terima kasih atas keikutsertaan Kang Rubiyanta dalam program Belbiz on Radio ini dan selalu menyampaikan komentar serta pertanyaan yang relevan dengan bisnis. ditunggu terus partisipasi aktifnya sehingga membuat progam ini menjadi semakin menarik.

Bicara tentang franchise, memang untuk harga produk sudah ditetapkan oleh franchisor sebagai pemilik merek yang kita jual. Itu sudah berlaku umum. Ada hal yang perlu dipertimbangkan yaitu bagaimana setiap entrepreneur saat ini mengejar kuantitas dari penjualan yang dilakukan dimana omzet yang akan didapatkan itu sangat tergantung kepada jumlah barang yang terjual kepada konsumen dan ini menjadi strategi meningkatkan profit yang didapatkan dari model bisnis franchise. Oleh karena itu, program pemasaran mulai dari segmentasi, target pasar sampai dengan positioning merupakan langkah strategis yang harus dilakukan oleh setiap entrepreneur.

Entrepreneur harus membuat program pemasaran yang seringkali diberikan dalam konteks marketing mix mulai dari produk, harga, place serta promosi yang dilakukan kepada target pasar. yang tidak kalah penting adalah membuat program service excellence sehingga mereka puas dan loyal kepada franchise. Pada akhirnya, jelas membangun program Customer Relationship Management (CRM) sehingga setiap konsumen dapat didata dan dilayani secara optimal oleh para entrepreneur yang notabene merupakan seorang franchisee.

Adapuan relevansinya dengan survey, setiap franchisee harus melakukan survey dalam setiap keputusan harga dimana akan diketahui perilaku konsumen, daya beli konsumen, persaingan sampai dengan jumlah yang mereka beli, dimana mereka beli, waktu pembelian serta merek apa yang mereka beli dengan harga berapa daya beli mereka. Semuanya akan diketahui dari survey dan inilah yang harus dilakukan oleh setiap entrepreneur dengan melakukan riset pasar dalam setiap aktivitas bisnis.

Inilah yang harus dilakukan oleh setiap entrepreneur dalam konteks franchise untuk membangun bisnis  yang unggul secara berkelanjutan. Sukses terus yang kang Rubiyanta.
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: