Menjadi pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah semakin mendapatkan perhatian dari para stakeholders dan salah satunya dari pemerintah yang menyatakan bahwa pelaku UMKM adalah tulang punggung ekonomi bangsa. Hal ini dirasakan sebagai sebuah hal yang bersifat strategis dan ditangkap oleh para pihak yang merasakan perlunya ditetapkan hari UMKM di negeri ini. 

"Kami pada tanggal 25 Mei 2016 kemaren berkumpul para pendamping dan merasakan perlunya ditetapkan Hari Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM)' Kata Metha, yang menjadi narasumber dalam program Belbiz on Radio K-Lite pada hari Jumat 12 Agustus 2016. 

Memang bahasan Belbiz on Radio K-Lite  107,1 FM yang merupakan hasil kerjasama antara STRABIZ Management Bandung bersama radio K-Lite 107,1 FM membahas tema yang berhubungan dengan bagaimana entrepreneur semakin mendapatkan perhatian dari stakeholders, termasuk pemerintah dengan penetapan hari UMKM pada tanggal 12 Agustus 2016. 

"Bertepatan dengan hari ini, 12 Agustus diusulkan sebagai hari UMKM" tambah Metha. Lalu, apa yang menjadi latar belakangan pemilihan tanggal tersebut? Metha menjelaskan bahwa tanggal 12 Agustus merupakan tanggal kelahiran Bung Hatta yang concern dengan ekonomi kerakyatan. 

Meriza Hendri, CEO STRABIZ Management Bandung menekankan bagaimana entrepreneur pada umumnya dan sahabat Belibiz pada khususnya untuk memanfaatkan momentum ini untuk meningkatkan skala bisnis. "Entrepreneur harus bisa memanfaatkan momentum hari UMKM ini untuk bisa naik kelas dalam bisnsinya" kata Meriza. Setiap bisnis perlu momentum untuk meningkatkan semangat dan bahkan bagaimana kinerja bisnisnya untuk bisa mencapai tujuan bisnis yaitu profit, people, planet, sustainable sampai dengan tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar. 

Kegiatan yang dilakukan dalam peringatan ini bukanlah libur akan tetapi kembali menyadarkan bagaimana komitmen pemerintah itu saja tidak cukup karena ini berhubungan dengan tindakan nyata untuk membangun UMKM menjadi besar sehingga dapat meningkatkan kontribusinya kepada negara ini yang memang membutuhkan pembangunan ekonomi dan pembangunan karakter bangsa. “Melalui UMKM dapat mencapai tujuan tersebut” tambah Meriza

Selain diskusi tentang hari UMKM, dilakukan juga diskusi tentang bagaimana permasalahan yang dihadapi oleh para UMKM dalam berbisnis dan banyak pertanyaan yang disampaikan oleh para sahabat Belbiz dan langsung dijawab oleh Meriza Hendri dan Metha selama program Belbiz on Radio tersebut berlangsung. Pada akhirnya, dipilih dua orang pemenang.
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: