Beberapa waktu kemaren dan yang akan datang, tepatnya Februari 2017, bangsa ini akan disibukkan dengan berbagai kegiatan yang berhubungan dengan politik, dimana rakyat di arahkan untuk mengikuti kegiatan Pemilihan di 101 daerah untuk memilih kepala daerah, baik di tingkat provinsi maupun ditingkat kotamadya dan kabupaten. Pemilukada serentak yang memang menjadi agenda pemerintah ini benar-benar menyentuh isu politik yang berhubungan dengan bagaimana kepala daerah dipilih secara langsung oleh rakyat. Lihat saja bagaimaan sengitnya pemilihan kepala daerah di DKI Jakarta dan berimbas kepada kegiatan dan kebijakan pemerintah pusat untuk bisa menyelesaikan berbagai permasalahan yang melekat di dalamnya.

Sebagai seorang entrepreneur, harus bisa mengambil pelajaran yang luarbiasa dari kejadian ini karena berhubungan juga dengan bisnisnya  yaitu bagaimana seorang entrepreneur memahami lingkungan ekonomi dan lingkungan politik yang ada di sekitarnya. Konteksnya adalah bagaimana bisnis yang dijalankan oleh para entrepreneur tidak bisa dilepaskan dari keputusan politik pemerintah dan kegiatan ekonomi dan kondisi ekonomi  yang ada di sekitar bisnis para entrepreneur.

Bentuk pengaruhnya bisa dalam bentuk ancaman dan juga peluang dari setiap perubahan lingkungan bisnis sehingga akan berdampak kepada upaya pencapaian tujuan bisnis setiap entrepreneur. tentu yang diharapkan oleh setiap entrepreneur adalah bagaimana lingkungan politik dan ekonomi dapat berada dalam keadaan stabil dan memberikan pengaruh positif. 

Oleh karena itu, perlu pemerintah memiliki komitmen yang tinggi untuk bisa menjaga situasi politik dan ekonomi yang dapat memberikan dampak positif bagi para entrepreneur dalam menjalankan bisnis. tidak dapat dipungkiri bahwa sejatinya pemerintah itu dapat memberikan jaminan kepada setiap rakyat Indonesia agar bisa menjalankan bisnis dengan baik dan tidak terganggu oleh berbagai isu yang dapat membuat para entrepreneur tidak dapat menjalankan bisnis. 

Lihat saja bagaimana isu yang berkembang tentang demonstrasi, kebijakan pemerintah yang selalu mengimpor barang dari luar negeri, kebijakan pembukaan pasar bebas yang notabene berdampak kepada entrepreneur. rasanya, perlu memperhatikan kebijakan Presiden terpilih Amerika Serikat, Donald Trump yang berencana untuk membuat Amerika besar lagi melalui kebijakan ekonomi yang menarik kembali ekonomi Amerika dari ekonomi luar negeri.  Hal ini perlu menjadi perhatian pemerintah dimana negara Adikuasa yaitu Amerika saja memperhatikan ekonomi dalam negeri mereka dan tidak membuka seluas-luasnya ekonominya untuk asing. Semoga pemerintah benar-benar menyadari akan hal ini…hmmm…..
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: