Assalamualaikum wr. wb.
Perkenalkan nama saya Gugun, tinggal di Bandung dan saat ini saya masih berstatus sebagai seorang karyawan. pertanyaan saya, kira-kira, bekerja sebagai seorang karyawan, mungkinkah saya berbisnis? Terima kasih atas jawaban yang diberikan dan sukses terus untuk program Belbiz on Radio.

Waalaikum salam wr. Wb.
Gugun, Bandung

Wasalamualakum wr. Wb.
Terima kasih atas tanggapan dan pertanyaan yang disampaikan kepada kami dan semoga Belbiz akan terus bisa memberikan inspirasi untuk kemajuan diri dan bisnis para entrepreneur.

Bicara tentang bisnis yang dijalankan oleh para karyawan, tentu memungkinkan saja untuk dijalankan. Saya sendiri juga melakukan hal yang sama karena berhubungan dengan status saya sebagai seorang karyawan yang harus memberikan pembelajaran kepada masyarakat di kampus. Sejak sebagai seorang dosen, saya juga menjadi seorang pebisnis dengan fokus kepada bisnis yang relevan dengan pengetahuan, keterampilan serta pengalaman saya.

Hanya saja, bapak Gugun harus bisa memperhatikan beberapa hal. Pertama, carilah bisnis yang membang diketahui, dipahami dan dikuasai dengan baik. hal ini menjadi awal bagi setiap karyawan dalam berbisnis dan ketika ini bisa dipahami dengan baik, maka bisnis yang dijalankan itu tidak akan mengganggu kegiatan sebagai seorang karyawan.

Yang kedua adalah, tidak memasang target yang tinggi karena berhubungan dengan tujuan menjadi seorang pebisnis. Target yang tidak terlalu tinggi akan bisa menjadi kekuatan untuk sukses berbisnis sehingga tidak tertekan untuk berbisnis. Selain itu, tidak ngoyo mencapai target.

Yang ketiga, mampu mendesain bisnis dengan baik dalam konteks keuangan, pemasaran, operasi, sumberdaya manusia sehingga nantinya dapat di delegasikan kepada orang lain untuk menjalankannya. Banyak hal yang harus dilakukan dalam konteks manajemen  yang harus dilakukan oleh para karyawan sehingga dapat memastikan bahwa bisnis yang dijalankan itu dapat dilakukan oleh orang lain. Hal ini menunjukkan bagaimana kekuatan manajemen dalam berbisnis.

Yang tidak kalah penting adalah bagaimana karyawan bisa membedakan konteks dia sebagai seoragn karyawan dan pebisnis. Yang terakhir, adalah bagaimana karyawan itu bisa mengelola waktu dengan baik atau time management sehingga bisa bisa baik untuk perusahaan tempat bekerja dan bisnis yang dijalankan.


Tanya Jawab di Program Beliz on Radio K-Lite 107,1 FM bersama STRABIZ Management Bandung setiap hari Jumat, Pukul 19.15 – 20.15. Tanya jawab lainnya dapat dilihat di www.strategidanbisnis.com
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: