Bisnis itu tidak boleh main-main, inilah pesan yang disampaikan dalam program Belajar Bisnis (BELBIIZ on radio K-Lite) yang merupakan hasil kerjasama antara GIMB Entrepeneur School dan manajemen Radio K-Lite 107,1 FM. Materi ini penting untuk disampaikan kepada sahabat belbiz, panggilan entrepeneur muda yang menjadi pendengar program ini.


Oleh karena itu, entrepeneur harus memahami bisnis mereka dengan baik. Hal ini juga dinyatakan dalam salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh setiap entrepeneur untuk sukses yaitu knowing your business.


Kalau dipelajari dengan baik, jelas, bisnis itu penuh dengan hitung-hitungan dimana kalau mengacu kepada tujuannya, ada lima tujuan yang harus dicapai oleh setiap entrepeneur. apa saja itu? Pertama profit. Hal ini menjadi darah bagi setiap entrepreneur dalam menjalankan bisnis karena dengan laba tersebut, bisa membuat bisnis mereka berkelanjutan.


Tujuan kedua adalah bagaimana bisnis tersebut memberikan manfaat bagi banyak orang. Konteksnya adalah people dimana orang-orang sekitar tempat bisnsi mereka beroperasi, harus mendapatkan manfaat atas operasional perusahaan tersebut. jangan sampai terjadi kecemburuan sosial dimana masyarakat tidak mendapatkan manfaat apa-apa. Apalagi kalau malah merugikan masyarakat.


Tujuan ketiga adalah bagiamana perusahaan tersebut bisa menjaga kelestarian alam. Alam ini penting untuk menjaga kelestarian alam agar bisa tetap menjaga keseimbangan alam ini. Allah SWT sudah memberikan alam ini dalam keadaan sempurna dan seimbang, sehingga menjadi tanggung jawab entrepreneur untuk bisa menjaganya.


tujuan keempat dari bisnis itu adalah terjaminnya sustainability atau keberlanjutan atas bisnis mereka. Hal ini tergambar pada bisnis yang bisa bertahan untuk jangka panjang. minimal untuk 10 tahun kedepan sehingga dapat memberikan manfaat bagi diri sendiri dan juga orang lain disekitar entrepeneur.


Tujuan kelima, entrepreneur harus bisa membuat bisnis mereka itu tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar sehingga semakin memberikan benefit kepada banyak orang. Inilah yang menjadi tantangan setiap entrepeneur.


So, dalam bahasan Belbiz tersebut, entrepeneur diharapkan dapat memberikan fokus kepada pencapaian tujuan bisnis yang bisa memberikan manfaat kepada diri entrepreneur dan juga masyarakat sekitar.
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: