Setiap entrepeneur harus melakukan komunikasi dengan stakeholder mereka agar bisa membangun kesepahaman satu sama lain. Inilah yang menjadi nilai yang didapat dari analisis terhadap pentingnya komunikasi yang harus dilakukan oleh para enterpeneur untuk mencapai kesuksesan yang sudah diteapkan dalam kerangka bisnis yaitu profit, people, planet, sustainability serta bisnisyang tumbuh dan berkembang. 

Komunikasi yang dijalankan sebaiknya dilakukan langsung oleh para entepeneur itu sendiri agar memberikan kualitas yang lebih baik bila dilakukan oleh orang lain. Banyak hal yang tidak bisa dikomunikasikan olehpihak lain ketika berhubungan dengan para stakeholder yang relevan dengan bisnis para entrepeneur. Oleh karena itu, perlunya keterlibatan langsung setiap entrepreneur dalam program komunikasi kepada stakeholder tersebut. 

Pelajaran dari banyak entrepreneur adalah memang diawal menuntut setiap entrepreneur harus berkomunikasi langsung kepada mereka dan akan membentuk persepsi yang positif dibenak koknsumen. Kondisi awal ini menjadi sangat kritis bagi para enterpeneur. Kegagalan dalam membangun komunikasi akan berdampak kepada kualitas bisnis mereka nantinya dan bahkan bisa berdampak kontraproduktif ketika salah dalam mengkomunikasikannya. 

Oleh karena itu, jelas setiap entrepreneur harus benar-benar menyadari bahwa komunikasi harus dijalankan oleh mereka sendiri. ada beberapa entrepeneur yang menjalankannya secara langsung dan mereka membuat tingkat kesamaan pemahaman atas apa yang dilakukan, khususnya adalah dalam bisnis yang dijalankan tersebut. kemaren, ada satu entrepreneur yang bisa melakukannya sendiri, baik promosi maupun branding apa yang dilakukan terhadap produk mereka.

kemudian, yang perlu bagi para entrepeneur adalah memahami konsep komunikasi itu sendiri. Perlu bagi setiap entrepreneur untuk belajar, belajar dan belajar untuk meningkatkan knowledge, skill dan attitude (KSA) mereka tentang komunikasi itu sendiri. pembelajaran itu penting untuk membuat setiap entrepeneur dapat berkomunikasi secara efektif dan efisien.

Yang paling penting adalah action itu sendiri dimana para entrepeneur harus menjalankan sendiri dan membuat kegiatan komunikasi tersebut sebagai sesuatu yang harus dinikmati untuk membuat bisnis mereka jauh lebih baik dari waktu ke waktu. So, take action melakukan komunikasi dengan stakeholder masing-masing.
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: