Assalamualaikum wr. wb.
Assalamualaikum Pak, Saya Sulaeman dari Pangalengan. Mau tanya apakah yang mesti dijalani dalam berbisnis apabila mendapatkan kegagalan apakah harus lanjut dalam bisnis tersebut aau rubah dengan bisnis yang lain?.

Waalaikum salam wr. Wb.
Sulaeman, Pangalengan


Wasalamualakum wr. Wb.
Terima kasih atas tanggapan dan pertanyaan yang disampaikan oleh Bapak Sulaeman kepada kami. Alhamdulillah, program Belbiz on Radio sampai ke Pangalengan dan semoga terus memberikan manfaat bagi Bapak dalam menjalankan bisnis.

Bicara tentang bisnis, jelas akan menghadapi kondisi tumbuh dan berkembang atau mengalami kemunduran seperti kebangkrutan. Semuanya akan menjadi seperti sebuah siklus yang harus dihadapi oleh setiap entrepreneur. hal ini harus menjadi sebuah pemahaman dasar bagi setiap entrepreneur kalau ingin sukses dalam bentuk bisnis yang profit, people, planet, sustainable sampai dengan bisnis yang tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar.

Ketika Bapak menghadapi kemunduran dalam bisnis, maka hal yang paling penting dilakukan adalah pertama, melakukan analisis terhadap lingkungan bisnis untuk mengetahui posisi Bapak di industri atau bisnis yang sedang dijalankan. Ada kalanya, peluang sudah tidak ada dan ancaman malah sangat besar. Selain itu, kelemahan pun semakin besar. Hal ini menjadi salah satu dasar yang harus bapak lakukan karena dengan analisis ini, akan dapat menentukan langkah yang harus dilakukan.

Ketika bapak sudah melakukan hal ini, lakukan analisis terhadap visi, misi, tujuan, sasaran, strategi dan kebjiakan yang selama ini Bapak buat. Bisa jadi Bapak membuat tujuan  yang terlalu tinggi dan bahkan strategi yang salah. Disinilah perlunya Bapak berdiskusi dengan tim dalam penetapan strategi yang tepat dalam berbisnis.

Yang selanjutnya, barulah Bapak melakukan analisis terhadap program pemasaran, keuangan, operasi dan juga sumber daya manusia serta teknologi informasi y ang digunakan oleh perusahaan serta anggaran dan SOP sampai dengan orang-orang yang bergabung dengan Bapak. Hal ini penting karena merupakan action dari rencana bisnis yang selama ini Bapak buat.

Disinilah peran Bapak dalam menganalisis perusahaan, kalau masih kurang, lebih bagik diperbaiki dan jangan pindah bisnis dulu pak.

Tanya Jawab di Program Beliz on Radio K-Lite 107,1 FM bersama STRABIZ Management Bandung pada hari Jumat, 12 Agustus 2016. Tanya jawab lainnya dapat dilihat di www.belbizonradio.com dan www.strategidanbisnis.com
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: