Senang sekali mendapatkan statement seperti itu dari seorang guru yang bagi saya adalah orang yang paling saya hargai dan hormati. Banyak sekali orang yang ingin menjadi coach seiring dengan tingginya minat anak muda untuk menjadi entrepreneur saat ini. Coach yang saya maksud adalah coach dalam bidang bisnis ya.....


Dahsyat sekali ketika banyak orang yang mau menjadi coach. Saya ingat ketika saya masih mahasiswa s1, tidak ada yang bersedia untuk mencai coach bisnis bagi saya. Mungkin juga karena beda program studi kali ya, dimana waktu itu saya masih prodi hubungan internasional. Akan tetapi, terlepas dari hal itu, saya merasakan bahwa coach itu sangat dibutuhkan.


Bagi saya, seorang yang bersedia menjagi coach adalah orang yang sangat mulia karena mereka bersedia membagikan sebagian ilmu yang ada dimereka dan juga waktu, pikiran dan tenaga untuk membantu coachee mereka untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan dan diamini oleh coach tersebut.


Ini tidaklah gampang. Saya merasakan, lebih banyak sisi informal daripada foramal untuk menjadi seorang coach yang berhasil bersama anak-anak mereka. bisa dilhat coach sepak bola seperti Mourinho, sir alex ferguson, Pep Guardiola dan lain-lain. Mereka adalah coach yang berhasil membantu anak buah mereka mencapai tujuan.


Inilah dasar yang paling penting untuk menjadi coach. Mereka bukanlah seperti atasan atau bos yang menyuruh-nyuruh melakukan sesuatu, akan tetapi berperilaku sebagai teman untuk membantu pencapaian tujuan anak yang dicoach.
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: