Program Belajar Bisnis atau Belbiz yang ditayangkan di Radio K-Lite 107,1 FM setiap minggu malam, membahas tentang fungsi-fungsi manajemen yang harus dipahami oleh setiap entrepreneur. Kenapa demikian? Karena ini melekat dalam konteks manajemen yang harus dimanfaatkan dan dijalankan dalam bisnis itu sendiri.


Entrepreneur memang dituntut untuk bisa menjalankannya secara terintegrasi dalam perusahaan mereka. Tidak bisa tidak. Hal ini akan menentukan keberhasilan perusahaan mencapai tujuannya. Oleh karena itu, tidak bisa ditawar lagi untuk mengetahui, memahami, menghayati serta menjalankannya.


Yang pertama adalah fungsi keuangan. Dalam fungsi ini, entrepreneur harus memahami bagaimana keuangan dalam perusahaan. Ada tiga kegiatan utama dalam manajemen keuangan yaitu bagaimana mendapatkan uang, mengelola uang dan membagikan deviden atau laba perusahaan kepada share holders.


Yang kedua adalah manajemen pemasaran yaitu bagaimana setiap entrepeneur bisa memetakan pasar, kemudian menentukan segmentasi, targetting dan positioning. Selanjutnya, menyusun bauran pemasaran dengan melibatkan produk, harga, distribusi dan juga promosi.


yang ketiga adalah manajemen operasi atau proses bisnis dimana ada SIPOC dengan konsep supplier, input, process, outout dan consumer. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas produk atau layanan kepada konsumen dan sekaligus mengurangi cost atau biaya yang dikeluarkan oleh entrepreneur untuk menghasilkan produk.


Yang keempat adalah manajemen sumber daya manusia. Entrepreneur dituntut untuk bisa mengelola sumber daya manusia agar berkontribusi secara optimal kepada perusahaan. Kegiatan manajemen sumber daya manusia diterjemahkan ke beberapa aktivitas yaitu job design, job analysis, job description, job specification sampai dengan termination.


Inilah yang harus dipahami oleh setiap entrepreneur agar bisa menjalankan manajemen secara optimal.
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: