Salah satu tool yang bisa digunakan oleh setiap entrepreneur untuk mencapai keunggulan bersaing adalah ICT atau information, communication dan technology. Hal ini penting bagi para entrepreneur karena tingginya persaingan sesama pebisnis lain, menuntut mereka untuk bisa lebih unggul daripada orang lain.

Hal ini tercermin dari bahasan dengan Kang Ciptadi yang sudah memanfaatkan IT dalam berbisnis dengan fokus kepada twitter untuk bisnis beliau. 

Demikian juga dengan yang dilakukan oleh Pak Nandang Komara, direktur operasional Rabbani dengan memanfaatkan IT dalam mengembangan bisnis dan juga untuk proses bisnis yang ada di perusahaan beliau. apalagi dalam proses berkomunikasi dengan klien yang notabene adalah agen-agen yang tersebar di berbagai daerah. 

ICT itu memberikan value bagi bisnis berupa peningkatan revenue melalui kualitas produk yang tinggi. ICT itu memberikan manfaat bagi peningkatan kualitas produk yang ditawarkan kepadan konsumen. demikian juga dengan layanan yang seharusnya didapatkan oleh konsumen. tidak dapat dibantah bahwa ICT itu memberikan value yang luar biasa. 

Selain itu, ICT juga memberikan kontribusi kepada penurunan biaya dalam perusahaan. Cost nya memang besar di awal atau initial cost, akan tetapi, akan berkontribusi pada penurunan cost secara keseluruhan. Jadi, akan bermanfaat pada peningkatan profit perusahaan secara keseluruhan. 

Inilah yang harus menjadi perhatian setiap entrepreneur dalam berbisnis. Intinya, mereka harus melakukan digitalisasi terhadap bisnis mereka agar bisa memberikan value yang optimal kepada entrepreneur itu sendiri. so... mari fokus kepada pengembangan IT untuk bisnis kita..
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: