Salah satu keterbasan utama seorang entrepreneur dalam menjalankan serta menumbuhkembangkan bisnis adalah ketika mereka memiliki keterbatasan sumber daya atau resources. Hal ini bisa dipahami karena memang sejatinya entrepreneur itu memulai bisnis dari skala mikro sehingga wajar mereka memiliki keterbatasan. 

Akan tetapi, banyak penelitian yang menunjukkan solusi untuk masalah ini dan salah satunya adalah bagaimana entrepreneur harus memanfaatkan modal sosial atau social capital. Hal ini relevan dengan bagaimana modal yang relative murah itu berkontribusi pada seluruh aspek dalam bisnis para entrepreneur, khususnya keuangan, pemasaran, operasi dan juga sumber daya manusia. Berikut tips memanfaatkan modal sosial oleh para entrepreneur 

1.       Bersahabatlah dengan para akademisi
Entrepreneur wajib bersahabat dengan para akademisi karena mereka memiliki konsep dan teori yang relevan dengan bisnis masing-masing. akademisi membutuhkan entrepreneur agar bisa menjadi bagian dari pengembangan keilmuan. Oleh karena itu, akan terjadi simbiosis mutualisme. Entrepreneur perlu sharing dengan mereka sehingga akan menjadi bahan untuk dikaji dengan lebih tajam. 

2.       Bersahabatlah dengan pelaku usaha
Para pelaku usaha juga adalah sumber modal sosial karena ada peluang akan dilakukannya transaksi bersama pelaku usaha tersebut. Selain itu, mereka memiliki program Corporate Social Responsibility (CSR), Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) dan akan sangat bermanfaat bagi para entrepreneur. 

3.       Bersahabatlah dengan pemerintah
Pemerintah sebagai regulator, tentu memegang peranan strategis karena banyak program yang harus mereka jalankan untuk pengembangan ekonomi kerakyatan. Saatnya entrepreneur aktif berhubungan dengan pemerintah agar mendapatkan kesempatan untuk menjadi bagian dari program mereka. Program pelatihan, pembinaan, promosi dan lain-lain adalah bentuk modal sosial dari pemerintah. 

4.       Bersahabatlah dengan komunitas
Komunitas bisa menjadi sumber modal sosial dan mereka memiliki kepentingan yang sama. Disini akan bisa mendapatkan benefit berupa informasi, relasi dan lain-lain. Pilihlah komunitas yang relevan dengan para entrepreneur

5.       Bersahabatlah dengan media
Media membutuhkan para entrepreneur juga dalam berbisnis. Hal ini terlihat pada bagaimana media itu mampu menjadi fasilitas untuk mencapai berbagai kalangan dan target pasar dari para entrepeneru dalam berbisnis. 

6.       Bersahabatlah dengan perbankan.
Perbankan adalah salah satu stakeholder yang sangat berkepentingan secara bisnis dan sosial kepada entrepreneur. memanfaatkan mereka juga akan bisa berkontribusi secara benefit dan profit kepada para entrepreneur. 

7.       Aktif dalam membangun networking
Networking menjadi penting karena modal sosial dihasilkan dari networking yang dijalankan oleh setiap entrepreneur dalam berbisnis. 
 
8.       Menjaga “trust”
Entrepreneur harus bisa menjaga kepercayaan atau trust dari para stakeholders yang memiliki modal sosial di atas. 

9.       Mau berbagi 
Ini penting karena kemauan dan komitmen untuk berbagi adalah dasar untuk memanfaatkan modal sosial
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: